Elon Musk Pamer Monyet Main Video Game Pakai Kekuatan Pikiran, Kok Bisa?

Selasa, 13 April 2021 - 11:07 WIB
loading...
Elon Musk Pamer Monyet Main Video Game Pakai Kekuatan Pikiran, Kok Bisa?
Elon Musk. Foto/AFP
CALIFORNIA - Elon Musk baru-baru ini membagikan rekaman yang menunjukkan seekor monyet memainkan videogame sederhana setelah mendapatkan implan teknologi anyar.

Dalam video yang dibagikan, tampak seekor monyet jantan sedang bermain game Pong. Monyet bernama Pager ini awalnya bermain game menggunakan joystick.

BACA: Elon Musk Simpan Teknologi yang Bisa Hidupkan Kembali Dinosaurus

Namun kemudian stekernya dicabut dan monyet tetap bisa mengontrol dayung hanya dengan berpikir tentang menggerakkan tangannya ke atas atau ke bawah.

Monyet tersebut dapat mengontrol game dengan kekuatan pikiran karena microchip yang ditanam di dalam otaknya.



Inovasi teknologi chip itu merupakan buatan salah satu perusahaan milik Elon Musk , yakni Neuralink.

"Produk @Neuralink pertama akan memungkinkan seseorang dengan kelumpuhan untuk menggunakan smartphone dengan pikiran mereka lebih cepat daripada seseorang yang menggunakan jempol," cuit Musk di akun Twitternya.

Ia menambahkan, Neuralink yang ditanam di otak nantinya akan terhubung ke Neuralink yang ditanam di motorik atau sensorik tubuh.

BACA JUGA: Dibantu Kawasaki, Yamaha DIkabarkan Siapkan XSR300

Sehingga memungkinkan untuk misalnya, orang lumpuh bisa berjalan kembali. "Perangkat ini ditanamkan dengan tengkorak & mengisi daya secara nirkabel, sehingga Anda melihat & merasakan sangat normal," tuturnya.



Melansir laman Reuters, Selasa (13/4/2021), Neuralink bekerja dengan merekam dan mendekode sinyal listrik dari otak menggunakan lebih dari 2.000 elektroda yang ditanamkan di daerah korteks motorik monyet yang mengoordinasikan gerakan tangan dan lengan.

"Dengan menggunakan data ini, kami mengkalibrasi dekoder dengan secara matematis memodelkan hubungan antara pola aktivitas saraf dan berbagai gerakan joystick yang dihasilkannya," kata perusahaan.

Didirikan pada 2016, Neuralink yang berbasis di San Francisco dibangun dengan tujuan untuk menanamkan chip komputer otak nirkabel untuk membantu menyembuhkan kondisi neurologis seperti Alzheimer, demensia, dan cedera tulang belakang, serta menggabungkan manusia dengan kecerdasan buatan.

BACA JUGA: 5 Penemuan di Indonesia yang Membuat Heboh Mancanegara

Sebelum monyet, ada seekor babi yang pada Agustus 2020 lalu, Musk perkenalkan sebagai babi dengan implan chip Neuralink. Ia bahkan menggambarkannya sebagai "Fitbit di tengkorak Anda."

Musk memang memiliki catatan menyatukan beragam ahli untuk mengembangkan teknologi yang sebelumnya terbatas pada laboratorium akademik, termasuk untuk roket dan kendaraan listrik, melalui perusahaan seperti Tesla Inc dan SpaceX.
(ysw)
preload video
KOMENTAR ANDA