Lagi, NASA Temukan Bukti Kehidupan di Mars

Selasa, 12 Juni 2018 - 23:02 WIB
Lagi, NASA Temukan Bukti Kehidupan di Mars
Lagi, NASA Temukan Bukti Kehidupan di Mars
A A A
WASHINGTON - Lembaga Antariksa Amerika (NASA) kembali temukan bukti bahwa MArs berpotensi mampu menampung kehidupan manusia.

Curiosity, salah satu alat penjelajah NASA menemukan zat-zat orgnik dalam sampel tanah yang diambil dari bagian bawah kawah Gale.

Sampel tanah tesebut mengandung beberapa molekuk dari "Thiophenes, benzena, toluene dan rantai karbon kecil seperti propana atau butenaā€¯

Beberapa molekul tersebut menganduk kerogens, yaitu molekuk organik yang dikenal sebagai residu materi hidup. Karena itu peneliti mengindikasikan bahwa proses biologi pernah terjadi di Planet Merah ini.

Curiosity menemukan sampel ini dengan sangat mudah, mereka muncul di beberapa lumpur. Selain beberapa molekuk tersebut, Curiosity juga temukan keberaadaan klorin dan sulfur yang terawetkan secara organic.

Dari beberapa temuan ini, mengindikasikan banyaknya endapan yang bisa dipelajari dari sejarah ekosistem MArs. Dilansir melalui The Register (8/6/2018), temuan ini mendukung hipotesis bahwa Mars pernah terjadi kehidupan.

Eksplorasi selama lima tahun belakangan menemukan bukti keberadaan air di Mars. Selain itu juga menemukan banyak bahan kimia yang menunjukan tanda kehidupan.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0867 seconds (0.1#10.140)