NASA Pastikan Asteroid Besar Akan Merapat ke Bumi

Selasa, 28 Agustus 2018 - 09:01 WIB
NASA Pastikan Asteroid Besar Akan Merapat ke Bumi
NEW YORK - Asteroid besar diperkirakan dua kali lebih besar karena ukuran Boeing 747 akan menyeberang dan mendekati Bumi, minggu depan.

Seperti dilansir dari DailyMail Online asteroid bernama 2016 NF23 diperkirakan akan menyeberangi Bumi pada 29 Agustus sekitar jarak lebih dari 4,8 juta kilometer atau 13 kali jarak antara Bumi dan Bulan.

Batu angkasa besar bergerak pada lebih dari 32.400 kilometer per jam dan dianggap sebagai objek berbahaya karena jarak asteroid yang bersangkutan tetapi jalur asteroid akan memungkinkannya meluncur pada jarak yang aman pada awal September.

Menurut National Aeronautics and Space Administration (NASA), NF23 asteroid 2016 diperkirakan memiliki lebar 70 hingga 160 meter sesuai dengan panjang Boeing 747.

Pada 160 meter, asteroid lebih tinggi dari Piramida Agung Giza di Mesir, yang hanya berukuran 138 meter.

Batuan angkasa dikategorikan dalam kelompok 'Athena' yang dinamai setelah asteroid Athena tahun 1862.

Diagram NASA Jet Powered Laboratory menunjukkan bahwa orbit batuan diselingi Bumi dan asteroid lebih dekat ke planet manusia dalam beberapa hari 29 Agustus, pada hari asteroid mencapai titik terdekatnya.

Saat ini, asteroid sekitar 0,3 unit astronomi (au) atau sekitar 4,8 juta kilometer dari Bumi.