Badan Antariksa Rusia Menuduh Lubang di ISS adalah Sabotase

Rabu, 03 Oktober 2018 - 19:02 WIB
Badan Antariksa Rusia Menuduh Lubang di ISS adalah Sabotase
Badan Antariksa Rusia Menuduh Lubang di ISS adalah Sabotase
A A A
MOSCOW - Sudah lebih dari satu bulan adanya lubang misterius sebesar dua milimeter yang ditemukan pada modul Soyuz Rusia, yang terpasang di Stasiun Luar Angkasa Internasional.

Lubang ini menglairkan udara ke luar yang berarti harus segera disegel oleh para astronot dengan menggunakan plester dan lapisan resin untuk tetap mempertahankan pasokan oksigen mereka agar tetap bisa bernafas.

Masih belum diketahui pasti apa penyebabnya, namun Lembaga Antariksa Rusia (Roscosmos) baru saja mengeluarkan pernyataan yang semakin membuat banyak spekulasi.

Dilansir dari laman BGR, Rabu (3/10/2018) sebuah komisi yang menyelidiki insiden tersebut telah memutuskan bahwa lubang itu tidak bocor secara tidak sengaja, melainnya memenag disengaja disabotase.

Dalam sebuah peryataan, kepala Roscomos menyatakan bahwa lubang itu adalah kerusakan yang disengaka yang disebabkan oleh seseorang, bukan karena memang cacat atau sebuah insiden.

"Ini menyimpulkan bahwa cacat manufaktur telah dikesampingkan yang penting untuk menetapkan kebenaran," kata Dmitry Rogozin, bos di Roscosmos. "Di mana itu dibuat akan dibentuk oleh komisi kedua, yang sedang bekerja sekarang,"

Lubang itu awalnya dicurigai dari kerusakan mikrometeorit, namun hal itu ditampik. Kemudian setelah jelas lubang itu dibor dan sudah ada sejak pesawat itu masih di Bumi, hal tersebut masih dianggap bukanlah kerusakan yang disengaja.

Sekarang, melalui pernyataan dari pihak Roscosmos bahwa lubang itu sengaja dibuat untuk menimbulkan masalah bagi para kru. Entah siapa pelakunya, tetapi badan antariksa Rusia jelas menggap hal ini sangat serius dan siapapun yang bertanggung jawab kemungkinan akan dihadapkan pada hukuman berat.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6347 seconds (0.1#10.140)