Besok ! Tiga Asteroid Besar Akan Meluncur Mendekati Bumi

Selasa, 15 Januari 2019 - 21:02 WIB
Besok ! Tiga Asteroid Besar Akan Meluncur Mendekati Bumi
LONDON - NASA memperingatkan bahwa tiga asteroid besar akan meluncur melewati Bumi besok dalam beberapa jam, itu akan menjadi ancaman besar untuk bumi jika terjadi tabrakan.

Asteroid yang pertama akan melewati Bumi sekitar jam 3:20 besok dengan kecepatan lebih dari tiga mil per detik.

Asteroid yang dijuluki 2019 AT6, objek 17 meter akan meluncur dalam jarak dua juta mil dari Bumi, yang setara delapan kali jarak antara planet kita dan bulan.

Batu luar angkasa kedua - 2019 AM8 - jauh lebih besar dari pendahulunya, dan mendekati bumi dengan kecepatan dua kali lipat.

Ini akan mencapai kecepatan hampir tujuh mil per detik saat melewati Bumi pada hari Selasa pukul 4:03 sore.

Asteroid akan melewati planet kita lebih dari 2 juta mil dari permukaannya, atau delapan setengah kali jarak antara bulan dan Bumi.

Asteroid ketiga yang dijadwalkan akan mendekati Bumi adalah 2019 AG7 - dan itu yang terbesar dari semuanya.

Diameter 51 meter - artinya selebar menara miring Pisa - 2019 AG7 dijadwalkan akan melintas pukul 10:43 malam besok malam.

Mencapai kecepatan 4,2 mil per detik, ia akan melewati lebih dekat dari pendahulunya, naik sejauh 950.000 mil dari planet kita - sekitar empat kali jarak antara Bumi dan bulan.

Objek dekat-Bumi (NEO) apa pun yang datang dalam jarak sekitar 30 juta mil dari orbit planet kita, kemungkinan ada puluhan juta batuan ruang angkasa dengan diameter antara 10 hingga 20 meter yang akan merapat ke bumi.

Sebanyak dua belas objek dekat Bumi diperkirakan akan terbang melewati planet kita akhir bulan ini, yang berarti trio asteroid besok bukanlah hal yang aneh.