NASA Siapkan Misi Berburu Fosil di Mars pada 2020

Jum'at, 15 November 2019 - 20:12 WIB
NASA Siapkan Misi Berburu Fosil di Mars pada 2020
CALIFORNIA - Badan antariksa milik Amerika Serikat (NASA) mengumumkan akan berburu fosil di Mars pada tahun 2020. Namun fosil yang dimaksud bukan seperti fosil hewan yang ada di Bumi.

Perburuan akan dilakukan oleh robot mobil (rover) yang akan diterbangkan pada pertengahan tahun depan. Rencananya, robot itu akan tiba di Mars bulan Februari 2021.

Rencana NASA ini terungkap setelah menyoroti sebuah jurnal yang baru saja diterbitkan di Icarus. Penelitian itu mengungkapkan bahwa pada kawah bagian dalam Jazero di Mars, terdapat fosil berupa sisa kerang, koral, dan stromatolites atau batuan yang terbentuk dari mikroba purba yang hidup sepanjang garing pantai kuno.

Mengutip laman CNet, Jumat (15/11/2019), NASA menggambarkan endapan mineral karbonat ini seperti cincin bak mandi yang dulunya adalah lava sebuah danau dan telah ada sekitar 3,5 miliar tahun lalu.

“Di Bumi, karbonan membantu membentuk strukturr yang cukup kuat untuk mempertahankan bentuk fosil selama miliaran tahun,” kata NASA.

Para ilmuwan NASA berharap akan menemukan tanda-tanda kehidupan mikroba masa lalu di planet yang memiliki cuaca ekstrem ini. Penelitian ini juga mungkin bisa mengungkapkan rahasia Mars dalam proses transisi dari tempat berair menjadi tandus.
(mim)