Suara Planet Mars yang Direkam Robot Perseverance NASA

Senin, 15 Maret 2021 - 13:19 WIB
loading...
Suara Planet Mars yang Direkam Robot Perseverance NASA
Planet Mars. FOTO/ IST
A A A
WASHINGTON - NASA bagikan rekaman audio terbaru dari permukaan planet Mars.

Klip audio yang diposting di Soundcloud NASA menggambarkan betapa beranginnya cuaca di Mars.

Suara tersebut direkam oleh mikrofon SuperCam rover Perseverance. Selain suara angin kencang, mikrofon juga menangkap rekaman tembakan laser di Mars, yang suaranya menyala seperti jentikan terus menerus.
BACA JUGA - Fakta Temuan Gunung Emas di Kongo, Sungai Eufarat dan Akhir Zaman

Rekaman suara ini dibuat tak lama setelah Perseverance melakukan pendaratan untuk pertama kalinya di permukaan planet Mars.

"Rekaman ini dibuat oleh instrumen SuperCam pada penjelajah Perseverance Mars NASA pada tanggal 19 Februari 2021, hanya sekitar 18 jam setelah mendarat di sol pertama misi atau hari Mars," tulis NASA di Soundcloud.

“Tiang kapal penjelajah, yang memegang mikrofon, masih disimpan di dek Perseverance, sehingga suaranya teredam. Hanya sedikit angin yang bisa didengar," sambung mereka.

Namun ternyata kedua rekaman itu malah dianggap ngeri oleh netizen. Setelah mendengarkan rekaman suaranya, banyak pengguna media sosial yang mengatakan bahwa mereka malah teringat dengan adegan difilm horor, demikian dikutip dari laman Times Now, Minggu (14/3/2021).

Selain itu rekaman suara, ada pula klip video dengan definisi tinggi, berdurasi 25 detik yang menunjukkan penyebaran parasut dan pelindung panas jatuh setelah melindungi penjelajah selama masuk ke atmosfer Mars.

Seperti yang diketahui, pertengahan Februari lalu NASA berhasil melakukan pendaratan robot penjelajah Perseverance di Mars. Hal tersebut menjadi lompatan besar bagi NASA dalam menjelajahi Planet Merah.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1214 seconds (0.1#10.140)