Rover Perseverance NASA Siap Kumpulkan Sampel Batuan yang Dikirim ke Bumi

Selasa, 27 Juli 2021 - 23:56 WIB
loading...
Rover Perseverance NASA Siap Kumpulkan Sampel Batuan yang Dikirim ke Bumi
Planet Mars, FOTO/ IST
A A A
NEW YORK - Rover Perseverance sedang bersiap-siap untuk mengumpulkan sampel batuan pertamanya di Mars. Batuan ini nantinya akan dibawa kembali ke Bumi untuk diteliti.

Perseverance melakukan perjalanan ke arah selatan, tepat di titik awal rover milik NASA itu mendarat pada bulan Februari lalu.

Proses pengambilan sampel tersebut akan berlangsung selama 11 hari. Batuan yang digambarkan sebagai batu paver datar itu diharap akan memberikan gambaran dasar tentang seperti apa wilayah geologis Mars secara luas.

Dikutip dari Mashable, Selasa (27/7/2021), untuk mendapatkan batuan, rover menggunakan alat abrasi yang terlihat seperti mata bor lebar. Perseverance akan menggali permukaan batu, membersihkan debu dengan udara bertekanan, dan kemudian melihat komposisi batu.

Setelah mengumpulkan data itu, rover akan mengumpulkan sampel dari batu yang sama di tempat yang berbeda.

Setelah sampel dikumpulkan, disegel dan akan disimpan di rover sampai tim misi menentukan di mana dan kapan akan mengirim sampel dari permukaan Mars.

Misi lain harus dikirim ke Mars untuk mengumpulkan sampel-sampel itu dan meluncur kembali ke Bumi. Saat ini, NASA ingin misi itu mencapai Mars pada 2026 , dengan sampel batu kembali ke Bumi untuk dianalisis pada 2030.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1045 seconds (0.1#10.140)