Virus Yara 90 Persen Berbeda dari Corona di China

Kamis, 13 Februari 2020 - 00:02 WIB
Virus Yara 90 Persen Berbeda dari Corona di China
WUHAN - Penemuan Virus Misterius Yara di Brazil mengejutkan para ahli sains. Pasalnya virus ini 90 persen berbeda dari Virus Corona yang menteror China.
Seperti dilansir dari Daily, Jonatas Abrahao, seorang ahli virologi di Universitas Federal Minas Gerais, di Brazil, mengatakan hasil menunjukkan hanya "seberapa banyak kita masih perlu memahami".
Tim tersebut sekarang bekerja untuk menyelidiki virus untuk mempelajari lebih lanjut tentang fitur dan asal-usulnya. BACA JUGA: AS Pastikan Hanya Tuhan yang Bisa Hentikan Virus Corona

Organisme mikroskopis Virus Yara ditemukan di danau buatan Pampulha di Belo Horizonte - dan 90% berbeda dengan apa pun yang pernah ditemukan sebelumnya

Bentuk baru virus telah mengejutkan para ahli karena hampir tidak memiliki gen yang dapat dikenali - hampir 90% sepenuhnya "baru".

Para ilmuwan merangkai genom dan menemukan sebagian besar gennya belum pernah ditemukan sebelumnya. BACA JUGA: Patenkan Remdesivir, Ahli Sebut Virus Corona Sengaja Diciptakan

Itu dinamai "Yara" setelah tokoh dari cerita rakyat Brasil, sosok seperti putri duyung cantik yang akan memikat pelaut di bawah air sampai mati.

Virus Yara ditemukan setelah dikumpulkan dari amuba, tampaknya jauh lebih kecil dari virus lain yang diketahui menginfeksi makhluk itu. Baca JUGA: Virus Corona Dibuat dari 2.000 Spesies Kelelawar Selama 8 Tahun

Para ilmuwan menggambarkan virus ini memiliki "asal yang membingungkan" ketika mereka mengungkapkan temuan mereka di situs web sains bioRxiv.