Kurangi Penularan, Robot Ini Diterjunkan Cari Penderita Corona

Kamis, 13 Februari 2020 - 18:16 WIB
Kurangi Penularan, Robot Ini Diterjunkan Cari Penderita Corona
Kurangi Penularan, Robot Ini Diterjunkan Cari Penderita Corona
A A A
NEW YORK - Amerika Serikat menanggapi serius wabah virus corona yang terus menghantui dunia. Tidak hanya membuat antibiotik dan vaksinnya, AS juga membuat robot untuk mengatasi Corona.

Robot berwajah ramah diluncurkan di Times Square, Kota New York, untuk membantu memberi informasi mengenai virus baru itu.

Robot yang diberi nama Promobot ini setinggi 1,5 meter akan memberhentikan par pejalan kaki yang ingin tahu, berhenti dan mengisi kuesioner singkat pada sebuah gawai mirip iPad dengan layar sentuh.Perangkati itu terpasang di dada robot. Para pengunjung bahkan bisa bercakap-cakap dengan mesin itu.
Promobot diciptakan oleh perusahaan rintisan berbasis di Philadelphia yang membuat robot-robot layanan mandiri untuk bisnis-bisnis. Perusahaan itu dioperasikan oleh sekelompok orang Rusia.

“Kami membuat perangkat lunak khusus untuk mendeteksi gejala-gejala virus korona,” kata Oleg Kivorkutsev, kepala bisnis perusahaan itu, kepada Reuters seperti dilansir dari CNBC.

“Kami mengerti bagaimana pentingnya masalah ini, bagaimana masyarakat gelisah, masyarakat takut akan hal ini. Namun jika mereka mengerti beberapa hal sederhana, misalnya, apa saja gejala-gejala virus korona, dan apa yang harus mereka lakukan untuk mencegahnya, semua akan baik-baik saja dan semua orang akan bahagia.”

Robot itu tidak bisa mendeteksi virus. Dia menanyakan bila seseorang mempunyai gejala-gejala seperti demam dan orang tersebut harus memencet tombol “ya” atau “tidak” di layar sentuh. Mereka kemudian akan menerima pesan yang menenangkan jika mereka memilih “tidak.”

“Benda ini sangat cerdas. Sangat, sangat cerdas,” kata Tara Healy, turis asal London yang sedang mengunjungi New York.

Pengunjung lainnya tidak terkesan. “Agak gila,” kata Thomas McAlinden dari Skotlandia. “Namun itu menjelaskan tentang New York bagi saya.”
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8761 seconds (0.1#10.140)