Polimer mampu 'muluskan' goresan dalam hitungan menit

Sabtu, 19 April 2014 - 14:20 WIB
Polimer mampu muluskan...
Polimer mampu 'muluskan' goresan dalam hitungan menit
A A A
Sindonews.com - Para peneliti di Jerman Karlsruhe Institute of Technology ( KIT ) telah mengembangkan polimer yang mampu dapat memperbaiki dirinya sendiri dan sepenuhnya mengembalikan sifat mekanik hanya dalam beberapa menit ketika dipanaskan pada suhu rendah .

Penemuan ini bisa dibilang belum sempurna, karena untuk bisa menyembuhkan dirinya secara penuh, bahan polimer tersebut harus dipanaskan dalam suhu rendah. Bahan polimer pun biasanya bisa digunakan pada berbagai keperluan, di antaranya untuk bahan plastik, karet sintetis, serat sintetis dan lain-lain.

Seperti yang dikutip dari Tim peneliti yang dipimpin oleh Christopher Barner - Kowollik menggunakan pendekatan baru dengan menciptakan sebuah "jaringan switchable " dari serat silang atau molekul kecil yang terikat oleh reaksi kimia reversibel .

Keunikan dari bahan ini adalah bahwa serat dapat dipecah menjadi konstituen mereka dan kemudian dipasang kembali lagi ketika panas diterapkan atau dengan kata lain proses pemulihan yang bisa dilakukan dengan menggunakan panas, cahaya atau senyawa kimia.

Bila penelitian ini sudah sempurna, maka bagi pemilik mobil akan lebih mudah mengatasi kerusakan cat akibat karat maupun goresan benda tajam. Dengan bahan polimer ini nantinya bisa memperbaiki sendiri tanpa harus pergi ke bengkel atau ke 'ketok magic' pinggir jalan.
(dol)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1700 seconds (0.1#10.140)