Kereta Peluru Otonom Akan Melintasi Jepang Sejauh 55,7 Km

Senin, 07 Oktober 2024 - 14:52 WIB
loading...
Kereta Peluru Otonom...
Kereta Peluru Otonom . FOTO/ DAILY
A A A
TOKYO - East Japan Railway Company (JR East) siao mengoperasikan kereta peluru tanpa pengemudi di beberapa bagian Jalur Joetsu Shinkansen pada tahun 2028.



Kereta otonom akan berjalan sejauh 55,7 kilometer antara stasiun Nagaoka dan Niigata, keduanya di Prefektur Niigata, barat laut Tokyo, dan JR East bertujuan untuk memulai layanan tanpa pengemudi sepenuhnya di semua bagian Jalur Joetsu Shinkansen pada pertengahan tahun 2030-an.

Perusahaan kereta api tersebut mengatakan sistem otomatis tersebut akan mengurangi kesalahan manusia, meningkatkan keselamatan, dan membantu mengatasi kekurangan pengemudi di masa mendatang di tengah menyusutnya populasi usia kerja.

Presiden JR East Yoichi Kise mengatakan bahwa teknologi tanpa pengemudi memungkinkan perusahaan untuk merencanakan jadwal kereta dengan lebih fleksibel sekaligus memungkinkan “anggota staf kereta untuk terlibat dalam berbagai tugas yang lebih luas.”

Perusahaan tersebut akan mengoperasikan kereta peluru yang sepenuhnya otonom dan tidak beroperasi antara Stasiun Niigata dan stasiun kereta api di dekatnya pada tahun fiskal 2029, setelah mengoperasikan kereta tanpa pengemudi dengan pengemudi untuk keadaan darurat.

Di antara operator kereta peluru lainnya di Jepang, JR Central, operator Jalur Tokaido Shinkansen yang menghubungkan Tokyo dan Osaka, telah menyatakan bahwa mereka bermaksud untuk memperkenalkan kereta peluru tanpa pengemudi sekitar tahun 2028.

Juru bicara tersebut mengatakan alasan utama di balik rencana tersebut adalah kebutuhan untuk terus berinovasi dalam teknologi perkeretaapian, yang selanjutnya dapat membantu mengatasi kekurangan tenaga kerja dan masalah lainnya.

Kecepatan maksimum Shinkansen di jalur Joetsu adalah 275 kilometer per jam, sedangkan di jalur lain dapat beroperasi dengan kecepatan 300 kilometer per jam atau lebih.
(wbs)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1515 seconds (0.1#10.140)