7 Fakta dan Kecanggihan Tank Leopard 2 yang Akan Dipasok ke Ukraina

Selasa, 24 Januari 2023 - 17:26 WIB
Tank Leopard 2 menjadi salah satu persenjataan militer mengerikan besutan Jerman. Foto DOK ist
JAKARTA - Tank Leopard 2 menjadi salah satu persenjataan militer mengerikan besutan Jerman. Dibekali spesifikasi mumpuni, tank terkemuka ini telah banyak diekspor ke berbagai negara di dunia.

Terbaru, kabarnya tank Leopard 2 ini akan turut dipasok ke Ukraina yang tengah berperang dengan Rusia. Namun, sebelumnya Jerman sendiri sejatinya masih ragu untuk mengirimkannya ke Kiev karena khawatir bisa memperluas cakupan konflik.

Baca juga : Tank T-90M Rusia Bentrok dengan Tank Ukraina, 3 Lawan 2 dalam Jarak 500 Meter

Lantas, seperti apakah sejatinya kekuatan tank ini? Berikut sejumlah fakta dan kecanggihan tank Leopard yang rencananya akan dipasok ke Ukraina.

1. Penerus Leopard 1



Tank tempur andalan Jerman ini dikembangkan Krauss-Maffei Wegmann (KMW) dari Munchen. Secara historis, Leopard 2 ini dirancang sebagai suksesor dari Leopard 1 yang pertama kali diproduksi pada tahun 1963.

Pada perancangannya, Leopard 2 mulai diproduksi sekitar tahun 1979. Seiring perkembangannya, tank tersebut telah teruji kualitasnya dan langsung banyak menarik perhatian negara-negara lain.

2. Dilengkapi Fitur Mumpuni

Berbekal tenaga dari mesin diesel, Leopard 2 memiliki peralatan penglihatan malam serta laser pencari jarak yang memungkinkannya membidik target bergerak dengan lebih optimal.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More