7 Fakta dan Kecanggihan Tank Leopard 2 yang Akan Dipasok ke Ukraina

Selasa, 24 Januari 2023 - 17:26 WIB
loading...
7 Fakta dan Kecanggihan Tank Leopard 2 yang Akan Dipasok ke Ukraina
Tank Leopard 2 menjadi salah satu persenjataan militer mengerikan besutan Jerman. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Tank Leopard 2 menjadi salah satu persenjataan militer mengerikan besutan Jerman. Dibekali spesifikasi mumpuni, tank terkemuka ini telah banyak diekspor ke berbagai negara di dunia.

Terbaru, kabarnya tank Leopard 2 ini akan turut dipasok ke Ukraina yang tengah berperang dengan Rusia. Namun, sebelumnya Jerman sendiri sejatinya masih ragu untuk mengirimkannya ke Kiev karena khawatir bisa memperluas cakupan konflik.

Baca juga : Tank T-90M Rusia Bentrok dengan Tank Ukraina, 3 Lawan 2 dalam Jarak 500 Meter

Lantas, seperti apakah sejatinya kekuatan tank ini? Berikut sejumlah fakta dan kecanggihan tank Leopard yang rencananya akan dipasok ke Ukraina.

1. Penerus Leopard 1

Tank tempur andalan Jerman ini dikembangkan Krauss-Maffei Wegmann (KMW) dari Munchen. Secara historis, Leopard 2 ini dirancang sebagai suksesor dari Leopard 1 yang pertama kali diproduksi pada tahun 1963.

Pada perancangannya, Leopard 2 mulai diproduksi sekitar tahun 1979. Seiring perkembangannya, tank tersebut telah teruji kualitasnya dan langsung banyak menarik perhatian negara-negara lain.

2. Dilengkapi Fitur Mumpuni

Berbekal tenaga dari mesin diesel, Leopard 2 memiliki peralatan penglihatan malam serta laser pencari jarak yang memungkinkannya membidik target bergerak dengan lebih optimal.

Mengutip New York Times, fitur tersebut tentu sangat berguna bagi awak kru tank yang menargetkan suatu sasaran. Terlebih ketika objeknya selalu bergerak dan berada di medan yang sulit sekalipun.

3. Memiliki Sistem Perlindungan Anti-Ranjau

Pengembang telah menyematkan berbagai sistem canggih kepada Leopard 2. Mengutip Army Technology, pada sejumlah varian tank buatan Jerman tersebut, terdapat sebuah pelindung anti-ranjau yang pertama digunakan pada 2004.

Alat tersebut terdiri dari elemen lapis baja tambahan yang disematkan pada Leopard 2. Uji coba pada 2004 telah menunjukan bahwa fitur tersebut membuat tank selamat dari ledakan ranjau tanpa kerusakan sedikit pun.

4. Hadirkan Senjata Mengerikan

Pada segi persenjataan, Leopard 2 dibekali meriam smoothbore terbaru serta senapan L55 120mm rancangan Rheinmetall Waffe Munition. Sebelumnya, senjata ini menggantikan meriam smoothbore 120mm L44 yang lebih pendek.

Kemudian, Rheinmetall Waffe Munition juga mengembangkan amunisi LKE 2 DM53 yang bisa membuat senjata L55 menembak hingga jarak 5.000m.

Baca juga : Jerman Ogah Berikan Tank Tempur Leopard 2 pada Ukraina

5. Hadirkan Sistem Navigasi Darat

Berikutnya, tank Leopard 2 juga memiliki sistem navigasi darat dari anak perusahaan Northrop Grumman, yaitu LITEF (Bonn). Sistem hybrid tersebut menghadirkan Global Positioning System (GPS) dan sistem navigasi inersia.

6. Sistem Pendukung E-WNA

Program ini menggantikan sistem hidrolik H-WNA pada Leopard 2. Adapun keuntungannya sendiri di antaranya adalah tingkat kebisingan tank yang lebih rendah hingga konsumsi daya yang rendah pula.

Selain itu, sistem pendukung tersebut juga memberi keandalan yang lebih baik, biaya perawatan lebih rendah, hingga penghematan biaya pengoperasian.

7. Mobilitas Tinggi

Leopard 2 menghadirkan mesin diesel MTU-883. Mengutip laman Fighting Vehicles, hal tersebut bisa menghasilkan daya hingga 1500 hp dengan rasio power to weight yang tinggi.

Dipasangkan dengan transmisi Renk HSWL 354, tank ini memiliki suspensi tipe Torsion Bar standar yang bisa melaju hingga kecepatan tertinggi 72 km/jam.

Demikian ulasan mengenai sejumlah fakta dan kecanggihan dari Tank Leopard 2 milik Jerman yang rencananya akan dikirim ke Ukraina.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2245 seconds (0.1#10.140)