Rusia Siap Terjunkan Tank Terbaru T-14 Armata ke Medan Perang Ukraina

Jum'at, 27 Januari 2023 - 16:46 WIB
Jadi pengiriman tank T-14 Armata ke medan perang Ukraina adalah mungkin. Apalagi Rusia telah menunjukkan dalam beberapa tahun terakhir bahwa mereka tidak takut untuk menguji senjata barunya dalam pertempuran. Diketahui Suriah sering digunakan untuk menguji Armata, Su-57, dan modifikasi baru dari Su-35.



Spesifikasi Tank T-14 Armata

Dikutip dari laman Military Today, T-14 Armata adalah Tank Tempur Utama (MBT) Rusia generasi baru. Tank T-14 Armata dikembangkan sebagai pengganti T-95 yang dibatalkan, dan kemungkinan menggunakan beberapa teknologinya.

Tank T-14 Armata memiliki sedikit kesamaan desain dengan T-90 dan tank Soviet lainnya yang lebih tua. Sebenarnya ini adalah tank produksi Rusia pertama yang benar-benar baru sejak T-72, yang diadopsi pada tahun 1973.

Desain tank T-4 Armata berfokus pada lapis baja yang lebih berat dan daya tahan awak. Spesifikasi teknis pasti dari MBT Armata baru masih tetap dirahasiakan. Namun, dimensi tank baru ini lebih besar daripada T-90 dan hampir sebesar Leopard 2A7 Jerman.



Tank ini memiliki menara yang sepenuhnya tak berawak. Meski konsep turret tank tak berawak bukanlah hal baru, Armata merupakan tank produksi pertama di dunia dengan turret tak berawak.

Tank tempur utama ini dioperasikan oleh 3 orang awak, termasuk komandan, penembak dan pengemudi. Armata tidak memiliki penembak, karena senjata tersebut dimuat oleh autoloader. Perlu dicatat bahwa sebagian besar MBT Barat memiliki 4 awak.

Tank T-14 Armata mungkin menjadi salah satu MBT yang memiliki pelindung paling kuat di dunia dan baru dikembangkan, terbuat dari baja, keramik, dan material komposit. Tank T-14 Armata juga memiliki add-on baru pelindung reaktif eksplosif Malakhit yang diklaim sebagai generasi baru.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More