4 Alasan Mengapa Mayoritas Pesawat Berwarna Putih

Senin, 30 Januari 2023 - 06:59 WIB
Faktanya, cat juga menambah bobot yang signifikan pada pesawat. Artinya, lebih banyak bahan bakar yang dibakar. Mengecat pesawat juga butuh biaya mahal.

Maka, pesawat yang dicat putih atau warna terang tidak tampak berbeda secara signifikan bahkan setelah menghabiskan banyak waktu di udara.

3. Cacat/penyok mudah terlihat

Fungsi warna putih krusial karena memudahkan teknisi mendeteksi kerusakan di pesawat. Misalnya ada kerusakan permukaan seperti retakan dan penyok di bodi. Warna putih membuat kerusakan-kerusakan itu bisa diidentifikasi dengan baik mudah dan diperbaiki dengan cepat.

Apabila ada kebocoran oli atau cairan internal lainnya juga akan terlihat jelas pada livery warna putih dibanding warna lainnya.

BACA JUGA: 9 Cara Kejam Hacker untuk Membajak WhatsApp Anda, Waspada!

4. Menghindari tabrakan dengan burung

Tabrakan burung dengan pesawat tidak bisa disepelekan. Ini terjadi saat pesawat lepas landas, mendarat, atau terbang di ketinggian rendah. Tabrakan dengan burung bisa jadi ancaman signifikan bagi keselamatan pesawat.

Karena itu, eksterior putih dapat meningkatkan visibilitas pesawat dan berpotensi meningkatkan membuat burung gagal mendeteksi dan menghindar.

Jika pesawat warnanya lebih gelap, dapat mengurangi kontras antara pesawat dan latar belakangnya. Sehingga mengurangi kemampuan burung mendeteksi pesawat dalam waktu yang cukup untuk menghindaritabrakan.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More