Ini 4 Astronot Awak Misi Artemis 2

Selasa, 04 April 2023 - 14:54 WIB
NASA secara resmi mengumumkan empat astronot untuk awak misi mengelilingi bulan Artemis 2. Keempat astronot ini diharapkan menjadi penjelajah bulan pertama sejak program Apollo 50 tahun yang lalu. Foto/NASA
HOUSTON - NASA secara resmi mengumumkan empat astronot untuk awak misi mengelilingi bulan Artemis 2. Keempat astronot ini diharapkan menjadi penjelajah bulan pertama sejak program Apollo 50 tahun yang lalu.

Keempat awak Artemis 2, adalah komandan Reid Wiseman, pilot Victor Glover, spesialis misi Christina Koch, dan Jeremy Hansen. Pengumuman awak Artemis 2 diadakan di Ellington Field, rumah bagi operasi pesawat NASA yang berlokasi di dekat Johnson Space Center di sini di Houston, Senin (3/4/2023) waktu setempat.

“Reid, Victor, Christina, dan Jeremy, memiliki kisahnya sendiri. Tapi bersama-sama, mereka mewakili keyakinan kami, E pluribus unum. Bersama-sama, kita akan mengantarkan era baru eksplorasi untuk generasi baru pelaut dan pemimpi bintang — Generasi Artemis,” kata Administrator NASA Bill Nelson dikutip SINDOnews dari laman Space, Selasa (4/4/2023).





Empat awak Artemis 2 dipilih oleh korps astronot aktif saat ini yang terdiri dari 41 astronot NASA dan empat astronot CSA. Keputusan memilih kru Artemis 2 ada di tangan kepala kantor astronot Joe Acaba, kepala direktorat operasi penerbangan Norm Knight dan Vanessa Wyche, dan direktur Johnson Space Center.

Profil 4 Astronot Misi Artemis 2

Reid Wiseman, 47, menghabiskan 165 hari di orbit Bumi pada misi pertamanya, penerbangan 2014 ke ISS. Berasal dari Baltimore, Maryland, dan mantan pilot pesawat tempur Angkatan Laut AS ini terpilih untuk kelas astronot ke-20 NASA pada tahun 2009.

Wiseman baru-baru ini menjabat sebagai kepala kantor astronot NASA dari tahun 2020 hingga 2022. “Ada tiga kata yang terus kami ucapkan dalam program Artemis dan itu adalah, 'Kami akan pergi'. Dan saya ingin semua orang mengucapkannya,” kata Wiseman.



Victor Glover, 46, menjadi astronot NASA pada 2013. Dia terbang sebagai pilot penerbangan luar angkasa berawak operasional pertama SpaceX (Kru-1) dan mencatat 167 hari di ISS pada 2021. Lahir di Pomona, California, dia adalah seorang insinyur dan kapten di Angkatan Laut AS.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More