Punya Kemampuan Kamuflase, 5 Spesies Laba-laba Ini Sulit Dilihat dengan Mata Telanjang

Senin, 24 April 2023 - 08:05 WIB
Spesies laba-laba ini sulit dilihat dengan mata telanjang karena memiliki kemampuan kamuflase. Foto: dok Mental Floss
JAKARTA - Ada banyak sekali spesies laba-laba yang ditemukan sampai saat ini. Bahkan jumlahnya terus bertambah. Mereka hadir dengan berbagai keunikan masing-masing. Mulai bentuk tubuh, warna, hingga kemampuan spesialnya.

Salah satu keunikan yang ada dalam beberapa spesies laba-laba adalah kemampuannya untuk beradaptasi dan berkamuflase.

Laba-laba dapat menyesuaikan diri dengan kondisi lingkungannya untuk mengelabui mangsa. Ada yang diketahui bisa berubah warna dan mencari lokasi yang pas untuk bersembunyi.

Namun, hal ini hanya mampu dilakukan pada beberapa spesies saja. Untuk lebih jelasnya, berikut ini deretan laba-laba dengan kemampuan kamuflase luar biasa:

1. Misumena vatia



Spesies laba-laba kepiting ini biasanya berada di daun atau bunga. Mereka akan berubah warna menyesuaikan dengan kelopak bunganya. Misumena vatia bisa dijumpai di kawasan Amerika Utara dan Eropa. Karena kemampuannya berubah warna ini, dia akan terlihat seperti menyatu dengan latar tempatnya.

Laba-laba ini akan menunggu mangsa seperti kupu-kupu atau lebah yang hinggap. Kemudian menyambar dengan kaki depannya sambil menyuntikkan racun.

2. Pandercetes gracilis

Laba-laba yang satu ini bisa ditemukan di wilayah Australia dan sekitarnya. Disebut juga Lichen Huntsman, spesies ini memang tidak punya kemampuan berubah warna.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More