Helikopter Rusia Ka-52 Terbang Tanpa Ekor, Bukti Ketangguhan Desain Rotor Koaksial

Rabu, 21 Juni 2023 - 22:32 WIB
Rotor koaksial adalah sepasang rotor helikopter yang tersusun satu di atas yang lain pada poros konsentris, dengan sumbu rotasi yang sama. Namun, putaran kedua rotor berbeda arah atau berlawan (kontra-rotasi).



Dua helikopter Rusia Mi-28 Havoc dengan desain rotor konvensional dilengkapi rotor ekor (atas) dan Ka-52 Alligator dengan desain rotor koaksial (bawah). Foto/Military equipment

Desain rotor koaksial membuat helikopter Ka-52 Alligator tidak memerlukan rotor pada ekor (tail rotor) untuk menjaga keseimbangan saat terbang. Berbeda dengan helikopter konvensional dengan sistem main rotor yang membutuhkan rotor ekor agar badan pesawat tidak ikut berputar.

Konfigurasi rotor koaksial adalah fitur khas dari helikopter yang diproduksi oleh biro desain helikopter Rusia Kamov. “Dua awak helikopter serang (Ka-52 Alligator) harus berterima kasih atas desain pesawat mereka,” tulis The War Zone.

Helikopter Ka-52 Alligator juga memiliki fitur survivabilitas yang tidak biasa lainnya, termasuk sistem penyelamatan kru. Helikopter serang Rusia ini dibekali kursi lontar agar kedua pilotnya bisa menyelamatkan diri dalam kondisi kritis.
(wib)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More