10 Keunikan Shoebill Stork, Burung Raksasa Afrika yang Viral di Media Sosial

Kamis, 06 Juli 2023 - 18:15 WIB
Dengan populasi yang langka dan habitat terancam, burung Shoebill Stork menjadi salah satu spesies yang penting untuk dilindungi dan dilestarikan agar dapat bertahan di alam liar. Foto: ist
AFRIKA - Banyak orang baru mengenal Shoebill Stork karena meme yang beredar di internet. Yakni, ukuran burung tersebut yang sangat masif dan suaranya yang keras bak senapan serbu . Faktanya, Shoebill Stork adalah burung yang sangat unik dan langka.

Nah, berikut adalah 10 fakta tentang burung Shoebill Stork:

1. Nama dan penampilan

Burung Shoebill (Balaeniceps rex) juga dikenal dengan sebutan "Shoebill Stork" atau "Whalehead". Mereka diberi nama "Shoebill Stork" karena bentuk paruh mereka yang menyerupai sepatu bot.

2. Habitat alami

Burung Shoebill Stork merupakan endemik di beberapa wilayah di Afrika Timur, terutama di Sudan Selatan, Uganda, dan Zambia. Mereka biasanya ditemukan di rawa-rawa, danau, dan sungai yang dilapisi vegetasi air, seperti tanaman papyrus.

Mereka memiliki adaptasi khusus yang memungkinkan mereka bergerak dengan mudah di habitat semacam itu. Kaki mereka yang panjang dan kuat dilengkapi dengan jari yang besar, membantu mereka berjalan di atas vegetasi yang terendam air tanpa tenggelam.

3. Keunikan paruh

Burung Shoebill Stork memiliki paruh khas dan menarik perhatian. Paruhnya sangat kuat dan dapat mencapai panjang hingga 23 sentimeter. Berbentuk lebar dan datar dengan ujung yang melengkung ke bawah. Mereka menggunakannya untuk menangkap dan memangsa ikan, katak, reptil kecil, dan bahkan mamalia kecil seperti tikus.

4. Ukuran yang besar

Burung Shoebill Stork merupakan salah satu burung air terbesar di Afrika. Mereka memiliki tinggi sekitar 1,2 hingga 1,4 meter dengan rentang sayap yang mencapai 2,3 hingga 2,8 meter. Beratnya mencapai sekitar 4 hingga 6 kilogram.

5. Warna bulu unik

Bulu burung Shoebill Stork sebagian besar berwarna abu-abu kebiruan, memberikan mereka penampilan yang menarik dan mirip dengan hantu. Ini membantu mereka menyatu dengan lingkungan rawa-rawa dan memudahkan mereka untuk bersembunyi dari predator dan mangsa potensial.