10 Sapi Terlangka di Dunia, Harganya hingga Ratusan Juta

Sabtu, 08 Juni 2024 - 10:00 WIB
loading...
10 Sapi Terlangka di Dunia, Harganya hingga Ratusan Juta
Sapi Vaynol Cattle merupakan ras langka asli Inggris. (Foto: Rarest.org)
A A A
JAKARTA - Sapi termasuk hewan ternak yang banyak dikonsumsi manusia. Di antaranya ternyata ada 10 ras sapi terlangka di dunia.

Penyebaran ras sapi di tiap area membuat perkembangannya masif. Namun, karena beberapa faktor terdapat ras sapi tertentu menjadi jarang ditemukan dan langka. Misalnya, sapi limosin yang populer dan unik.

Ada pula beragam ras sapi yang memiliki sejarah panjang hingga ras eksotis asli dari daerah terpencil. Sapi-sapi ini mewakili lambang keanekaragaman genetik dan upaya konservasi di dunia pertanian.

Bukan hanya unik berikut 10 ras sapi terlangka di dunia dilansir dari Rarest.org, Sabtu (8/6/2024).

1. White Park Cattle (Rp35 juta – Rp85 juta)


Dikenal juga sebagai Ancient White Park, sapi ini menjadi ras langka karena asal usulnya dari Zaman Besi. Penampilannya mencolok dengan bulu berwarna putih bertitik-titik hitam dan tanduk berbentuk kecapi yang khas. Karakternya yang tahan banting, kemampuan beradaptasi, dan berkembang di lingkungan yang keras membuatnya disukai peternak. Sapi White Park terutama dipelihara untuk produksi daging sapi dan konservasi keanekaragaman genetik.


2. Vaynol Cattle (Rp50 juta – Rp100 juta)


Nama lainnya yaitu Sapi Taman Vaynol. Menjadi ras langka asli Inggris. Terkenal karena memiliki bulu berwarna putih krem dan tanduk khas berbentuk kecapi. Sapi ini dipelihara untuk tujuan konservasi dan penggembalaan hias. Saat ini populasinya relatif kecil dan dipelihara oleh peternak serta sejumlah organisasi konservasi yang berdedikasi.

3. Randall Lineback (Rp40 juta – Rp115 juta)


Termasuk ras warisan langka yang berasal dari Amerika Serikat. Asal usulnya berasal dari zaman kolonial. Dikenal karena warnanya yang khas berpola garis-garis putih di sepanjang punggungnya. Sapi jenis ini dihargai karena dagingnya yang beraroma khas dan kemampuan beradaptasi terhadap beragam iklim. Ras ini termasuk populer di kalangan petani pelestari sapi dan produsen tradisional.

4. English Longhorn (Rp35 juta – Rp85 juta)


Termasuk ras langka asli Inggris yang dikenal karena tanduknya panjang dan melengkung. Sapi ini memiliki sejarah sejak berabad-abad lalu, tepatnya berasal dari Inggris abad pertengahan. Dagingnya beraroma khas dan kemampuannya untuk berkembang dalam sistem penggembalaan yang luas menjadikannya populer di kalangan penggembala konservasi dan produsen daging khusus.


5. Milking Devon (Rp40 juta – Rp100 juta)


Ras warisan langka yang berasal dari Amerika Serikat, dengan asal usul yang berasal dari zaman kolonial New England. Dikenal karena kemampuan gandanya. Sapi ini secara historis dipelihara untuk produksi susu dan daging sapi. Mereka dihargai karena sifat tahan banting, kemampuan beradaptasi, dan susunya yang kaya rasa. Tergolong populer di kalangan pemilik rumah hewan dan peternak sapi perah skala kecil.

6. Florida Cracker Cattle (Rp30 juta – Rp70 juta)


Dikenal sebagai ras langka yang berasal dari Amerika Serikat bagian tenggara, khususnya Florida. Keturunan sapi Spanyol ini dibawa oleh penjelajah awal karena ketahanan dan kemampuan beradaptasi terhadap iklim panas dan lembab. Mereka dipelihara untuk produksi daging sapi dan upaya konservasi untuk melestarikan warisan genetik unik.

7. Pineywoods Cattle (Rp30 juta – Rp70 juta)


Ras warisan langka yang berasal dari Amerika Serikat bagian tenggara, khususnya wilayah Piney Woods di Mississippi dan Alabama. Keturunan sapi Spanyol yang dibawa oleh penjelajah awal karena dikenal karena sifat tahan banting, kemampuan beradaptasi, dan berkembang di lingkungan yang berat. Mereka dipelihara untuk produksi daging sapi dan upaya konservasi untuk melestarikan keragaman genetik.


8. Chillingham Wild Cattle (Rp115 juta –Rp 170 juta)


Ras sapi langka dan kuno yang berasal dari Taman Chillingham di Northumberland, Inggris. Dipercaya sebagai keturunan langsung dari sapi liar yang berkeliaran di Inggris ribuan tahun lalu, sapi ini dikenal karena penampilannya primitif dan temperamennya liar. Mereka dikelola sebagai kelompok konservasi di dalam taman karena berkeliaran dengan bebas.

9. North Devon Cattle (Rp40 juta –Rp 100 juta)


Dikenal juga sebagai Red Ruby Devon, ras warisan langka yang berasal dari Inggris. Dikenal karena bulunya berwarna merah dan temperamennya jinak. Sapi ini dihargai karena daging berkualitas tinggi dan kemampuannya untuk berkembang dalam sistem penggembalaan ekstensif. Tergolong populer di kalangan peternak berkelanjutan dan produsen daging tradisional yang ingin melestarikan ras sapi tradisional Inggris.

10. Kerry Cattle (Rp35 juta – Rp85 juta)


Ras warisan langka yang berasal dari Irlandia, khususnya wilayah Kerry. Kekhasannya karena memiliki bulu hitam pekat dan tanda putih khas di wajah dan perutnya. Sapi ini dihargai karena daging yang berkualitas tinggi dan kemampuannya untuk berkembang di lanskap terjal, menjadikan mereka populer di kalangan penggembala konservasi dan petani skala kecil.

MG/Maulana Kusumadewa Iskandar
(msf)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1887 seconds (0.1#10.140)
pixels