10 Keunikan Shoebill Stork, Burung Raksasa Afrika yang Viral di Media Sosial

Kamis, 06 Juli 2023 - 18:15 WIB
Mata Shoebill Stork relatif kecil. Warna matanya abu-abu kebiruan dan terlihat seperti mata manusia.

6. Pemangsa

Burung Shoebill Stork merupakan pemangsa yang tangguh. Mereka memanfaatkan paruhnya yang kuat untuk menangkap dan memangsa ikan, katak, reptil, mamalia kecil, dan bahkan burung kecil. Mereka memilih untuk memburu mangsa dari posisi yang tak terduga dan menunggu dengan sabar sebelum menyerang.

7. Kepribadian tenang

Burung Shoebill Stork dikenal memiliki kepribadian yang tenang dan cenderung diam. Mereka cenderung berdiri diam dan menunggu dengan sabar di tempat yang sama untuk mangsa mereka muncul. Ini membantu mereka meminimalkan energi yang dikeluarkan saat mencari makan.

Burung Shoebill Stork juga hewan soliter dan jarang terlihat dalam kelompok besar. Mereka cenderung menjaga wilayah mereka sendiri dan tidak suka berinteraksi dengan anggota sejenisnya.

8. Suara unik

Burung Shoebill Stork memiliki panggilan khas yang berbunyi seperti "klak-klak" yang terdengar keras dan misterius. Panggilan ini digunakan dalam interaksi sosial dan untuk menandai wilayah mereka. Suaranya sangat keras hingga terlihat seperti desingan peluru dari senjata.

9. Siklus hidup lambat

Burung Shoebill Stork memiliki siklus hidup yang lambat. Pasangan burung Shoebill Stork hanya berkembang biak setiap dua hingga tiga tahun sekali. Mereka akan membangun sarang besar di atas vegetasi air dan betina akan menetaskan 1 hingga 3 telur.

10. Terancam Punah

Karena itu, burung Shoebill Stork diklasifikasikan sebagai spesies yang rentan dan terancam punah oleh International Union for Conservation of Nature (IUCN). Salah satu ancaman terbesar adalah hilangnya habitat alami mereka akibat perubahan lingkungan dan perburuan ilegal.

Diperkirakan populasi burung Shoebill Stork hanya berkisar antara 5.000 hingga 8.000 ekor di seluruh dunia. Mereka sulit diamati karena habitat alami mereka yang terpencil dan sulit dijangkau.

Beberapa upaya konservasi dilakukan untuk melindungi burung Shoebill Stork. Hal ini termasuk perlindungan habitat, pengawasan terhadap perburuan ilegal, dan penelitian untuk memahami lebih lanjut tentang ekologi dan kehidupanburungini.