6 Perbedaan Gecko dan Tokek, Dari Bentuk Ekor hingga Urusan Panjat Memanjat

Kamis, 06 Juli 2023 - 18:57 WIB
Gecko dan tokek adalah dua hewan yang sering disamakan. Sebab, kedua hewan tersebut memiliki tingkat kemiripan yang sangat identik, terutama ketika dilihat dari segi bentuknya. Foto/thereptileroom
JAKARTA - Gecko dan tokek adalah dua hewan yang sering disamakan. Sebab, kedua hewan tersebut memiliki tingkat kemiripan yang sangat identik, terutama ketika dilihat dari segi bentuknya.

Hal itu dapat terjadi karena gecko dan tokek termasuk dalam keluarga yang sama, yakni gekkonidae atau kadal. Meski begitu, jika dilihat dengan jeli, kedua hewan tersebut ternyata mempunyai sejumlah perbedaan.

Berikut ini beberapa perbedaan gecko dan tokek yang perlu diketahui:



1. Bentuk Ekor

Perbedaan yang pertama antara tokek dengan gecko adalah dilihat dari bentuk ekornya. Tokek sendiri ternyata memiliki bentuk ekor yang ramping dan panjang, sedangkan gecko lebih pendek menyerupai daun.







2. Goyangan Ekor

Masih dalam pembahasan ekor, gecko ternyata memiliki ciri khas pada bagian ekornya. Jika sedang marah atau terancam, ekor gecko akan bergoyang-goyang. Sementara itu, ciri khas tersebut tidak dapat ditemukan pada hewan tokek.

3. Sifat Teritorial

Meskipun sama-sama tergolong hewan yang sangat menjaga teritorialnya, terdapat sedikit perbedaan di antara tokek dan gecko. Tokek akan cenderung lebih agresif dalam menjaga daerah teritorialnya jika dibandingkan dengan gecko.

4. Tingkat Kegalakan

Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More