Fakta-Fakta Gecko Raksasa Delcourt, Tokek Terbesar yang Pernah Hidup Sepanjang Sejarah

Kamis, 22 Juni 2023 - 15:07 WIB
Gecko raksasa Delcourt banyak dikatakan menjadi tokek terbesar yang pernah hidup sepanjang sejarah. Foto DOK Wikimedia commons
JAKARTA - Gecko raksasa Delcourt banyak dikatakan menjadi tokek terbesar yang pernah hidup sepanjang sejarah . Spesies ini dulunya diyakini pernah hidup di Selandia Baru.

Tokek merupakan sejenis kadal yang termasuk dalam infraordo Gekkota. Hewan ini memiliki spesies terbanyak dari semua kelompok kadal dan diperkirakan mencapai kurang lebih 1.500 spesies berbeda.

Dari sekian banyak spesies berbeda, salah satu yang cukup menarik adalah gecko raksasa Delcourt. Meski sudah dianggap punah, jenis tokek tersebut dikatakan sebagai yang terbesar sepanjang sejarah ketika hidup.

Fakta Gecko Raksasa Delcourt

1. Masuk Guinness World Record

Gecko raksasa Delcourt masuk Guinness World Record sebagai tokek terbesar yang pernah hidup di dunia. Mengutip laman resminya, dulunya tokek ini dikenal sebagai Hoplodactylus delcourti.

Sayangnya, keberadaan gecko raksasa Delcourt telah dianggap punah. Saat ini, kategori tokek terbesar yang masih hidup dipegang tokek raksasa Leach (Rhacodactylus leachianus).

2. Ukuran Gecko Raksasa Delcourt

Gecko raksasa Delcourt diperkirakan bisa tumbuh mencapai 23,6 inci atau hampir mencapai dua kaki. Mengutip A-Z Animals, keberadaan tokek ini memang disebut pernah hidup di Selandia Baru.

Namun, kurangnya bukti fosil membuat beberapa ilmuwan ragu bahwa tokek raksasa ini berasal dari Selandia Baru.

3. Fosilnya Dipajang di Museum Prancis

Gecko raksasa Delcourt dikatakan sudah punah. Meski demikian, sebuah museum di Prancis menyimpan versi pengawetannya yang memiliki panjang 61 cm (termasuk ekor).

Tokek raksasa Delcourt yang sudah ditaksidermi tersimpan di ruang bawah tanah museum sejarah alam di Marseille sejak tahun 1986. Versi tersebut diketahui sebagai satu-satunya yang terverifikasi dari spesies ini.

Itulah sejumlah fakta terkait gecko raksasa Delcourt yang dikatakan sebagai tokek terbesar yang pernah hidup dalam sejarah.
(bim)