5 Tanda Bahaya Gunung Akan Meletus, Kenali dan Pahami!

Jum'at, 07 Juli 2023 - 06:43 WIB
3. Jumlah Sumber Mata Air Berkurang

Sumber air di sekitar gunung akan mengering akibat adanya suhu panas di area gunung berapi. Air akan terasa hangat, tidak seperti biasanya saat terjadi tanda-tanda gunung akan meletus. Efeknya membuat cadangan air di tanah menguap karena panas dari magma aktivitas vulkanis.

Air akan menyurut karena faktor lain dari aktivitas gunung, dan membuat kita susah untuk mendapatkan air.

4. Hewan-Hewan Akan Turun Gunung

Berbagai hewan penghuni gunung akan berbondong-bondong menjauh dari area gunung karena peka terhadap sesuatu yang akan terjadi. Salah satu tanda bahaya gunung akan meletus adalah banyak hewan yang keluar dari wilayah gunung. Hewan penghuni asli gunung akan turun ke kaki gunung, dan tidak sedikit yang masuk ke wilayah pemukiman setempat.

Terdapat aktivitas vulkanik dan menigkatnya suhu menjadi salah satu penyebab hewan-hewan menjauh dari area sekitar gunung.

Baca Juga: 6 Letusan Gunung Berapi Terbesar dalam Sejarah, Nomor 3 Terjadi di Indonesia

5. Tersebarnya Gas Belerang

Gas belerang adalah senyawa kimia yang merupakan gas beracun dan berbau menyengat. Gas ini dikeluarkan oleh gunung berapi aktif. Kemunculan gas belerang disebabkan oleh adanya aktivitas magma dalam tubuh bumi.

Itulah beberapa tanda bahaya gunung akan meletus yang membuat kita lebih waspada terhadap bencana yang terjadi secaratiba-tiba.

MG/Zulfa Zakariyya
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More