Ini Tempat Terpanas di Alam Semesta, Ternyata Bukan Matahari

Jum'at, 25 Agustus 2023 - 09:07 WIB
Tempat terpanas di alam semesta mempunyai suhu inti mencapai 10 triliun derajat Celcius. Foto/NASA
JAKARTA - Alam semesta memiliki banyak misteri dan keunikan yang menyelimutinya. Salah satu yang cukup menarik diulas adalah tempat terpanas di jagat raya ini.

Matahari mungkin dikenali banyak orang sebagai objek paling panas di tata surya. Meski demikian, ternyata mereka bukanlah tempat terpanas di alam semesta.

Sementara di bumi, sejumlah lokasi telah diklaim sebagai tempat paling panas. Di antaranya yang cukup terkenal adalah Death Valley di California, Amerika Serikat.

Mengutip laman Independent, rekor suhu paling panas yang sempat dicatatkan mencapai 56,7 derajat Celcius, yakni pada musim panas 1913 silam. Terkait data ini, sejatinya terjadi perdebatan dalam hal validitasnya.

Namun, jika memang terbukti palsu, saat ini Death Valley masih tetap menjadi yang teratas. Pada Agustus 2020 lalu, tempat tersebut telah mencatatkan suhu mencapai 54,4 derajat Celcius.

Terlepas dari matahari dan Death Valley yang masing-masing dianggap tempat terpanas di tata surya dan bumi, keduanya bukan lokasi paling panas di jagat raya. Lantas, di mana tempat terpanas di alam semesta?

Tempat Terpanas di Alam Semesta

Baru-baru ini, Daniel Palumbo dari kelompok riset Universitas Harvard Black Hole Initiative melakukan penelitian untuk mencari tempat terpanas di alam semesta. Para ilmuwan di Black Hole Initiative itu menyebut bahwa lubang hitam supermasif adalah tempat terpanas di alam semesta.