Begini Cara Kerja Iron Dome Israel yang Dapat Ditembus Hamas

Senin, 16 Oktober 2023 - 21:08 WIB
Iron Dome merupakan sistem pertahanan udara Israel yang digunakan untuk mencegah dan menghancurkan roket. Foto/Reuters
JAKARTA - Kekuatan Iron Dome Israel dapat ditembus oleh Hamas sebagai serangan lanjutan. Hal tersebut menjadi sorotan publik mengingat sistem pertahanan udara ini memiliki kekuatan yang unggul.

Iron Dome merupakan sistem pertahanan udara yang dikembangkan oleh Israel. Sistem ini digunakan untuk mencegah dan menghancurkan roket, mortir, dan kendaraan udara tak berawak yang ditembakkan dari jarak pendek.

Dikutip dari laman Aljazeera, sistem ini juga diketahui memiliki tingkat keberhasilan sekitar 90 persen dalam menghadang serangan dari Hamas. Lantas, bagaimana cara kerja Iron Dome Israel? Berikut ulasannya.

Cara Kerja Iron Dome Israel Melawan Hamas



Perlu diketahui jika sistem Iron Dome sendiri memiliki tiga elemen utama. Ketiga elemen tersebut yaitu peluncur rudal pencegat, radar multi-misi, dan sistem kendali.





Iron Dome bekerja ketika ada sinyal atau radar deteksi dan pelacakan muncul sebagai tanda adanya serangan. Sinyal tersebut kemudian mengirimkan informasi kepada sistem kendali senjata ini.

Sistem kendali kemudian melakukan perhitungan cepat untuk menentukan lintasan dan sasaran objek tersebut. Selain itu, sistem kendali juga bisa mengevaluasi apakah objek tersebut berbahaya atau tidak.

Jika objek tersebut dianggap berbahaya, sistem kendali akan memberikan perintah kepada peluncur. Kemudian peluncur akan menembakkan rudal pencegat yang sesuai.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More