5 Fakta Beruang Kutub, Karnivora Terkuat Pemakan Anjing Laut

Kamis, 02 November 2023 - 07:29 WIB
Beruang kutub adalah perenang yang sangat kuat. Beruang kutub bisa berenang karena memiliki cakar depan yang besar dan sedikit berselaput, sehingga digunakan untuk mengayuh. Bahkan, beberapa beruang kutub terlihat berenang ratusan mil dari daratan.

4. Pemakan Anjing Laut



Beruang kutub menjadikan anjing laut sebagai makanan utamanya. Beruang kutub sangat menyukai anjing laut bercincin dan juga anjing laut berjanggut. Beruang kutub akan menunggu anjing laut ke permukaan untuk bernapas dan akan menggigit serta menariknya ke daratan untuk dimakan. Beruang kutub juga seringkali memakan bayi anjing laut yang berada di sarangnya. Selain itu, beruang kutub akan memakan segalanya apabila anjing laut tidak ditemukan, seperti walrus dan paus.



5. Rentan Punah

Organisasi IUCN mengklasifikasikan beruang kutub sebagai spesies yang rentan terhadap kepunahan . Ancaman terbesar beruang kutub adalah adanya pengaruh pemanasan global yang terus mengurangi cakupan es laut Arktik. Selain itu, kurangnya makanan yang membuat peningkatan kelaparan dan penurunan keberhasilan perkawinan beruang kutub.

MG/Vina Karlameta Suhandi
(msf)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More