Ilmuwan Pastikan Angka Populasi Beruang Kutub Menurun Drastis

Minggu, 10 September 2023 - 06:50 WIB
Ilmuwan Pastikan Angka Populasi Beruang Kutub Menurun Drastis
Populasi Beruang Kutub Menurun Drastis. FOTO/ DOK IFL SCIENCE
WASHINGTON - Para ilmuwan yakin populasi beruang kutub sangat kritis dan akan lebih banyak lagi hewan yang kelaparan di tahun-tahun mendatang karena emisi gas rumah kaca mempercepat pencairan es laut Arktik.

Hubungan antara mencairnya es di laut Arktik dan menurunnya populasi beruang kutub telah diketahui selama beberapa dekade.

Namun penelitian yang diterbitkan baru-baru ini di jurnal Science adalah penelitian pertama yang secara langsung mengukur hubungan tersebut.

Cecilia Bitz, seorang profesor ilmu atmosfer dari Universitas Washington dan penulis utama studi baru ini, mengatakan pemahaman yang lebih spesifik tentang bagaimana emisi gas rumah kaca menyebabkan kematian beruang kutub merupakan langkah penting dalam melindungi spesies yang terancam punah.

“Semakin banyak kita melepaskan gas rumah kaca, semakin banyak pula penderitaan yang dialami populasi beruang kutub,''

'' Faktanya adalah, ratusan pembangkit listrik di seluruh AS secara kolektif akan mengeluarkan lebih dari 60 gigaton gas rumah kaca sepanjang masa pakainya,'' kata Bitz.

Ia juga mengatakan bahwa gas-gas yang dilepaskan akan memenuhi atmosfer, memanaskan lingkungan, dan mencairkan es laut Arktik.

Sebelumnya, Badan Penerbangan dan Antariksa Nasional (NASA) memperkirakan es mencair hampir 13 persen per-dekade.

“Pengurangan habitat seperti itu akan menyebabkan penurunan empat persen dalam kelangsungan hidup anak beruang kutub di Laut Beaufort bagian selatan yang terletak di Alaska utara dan wilayah Yukon serta Kanada barat laut,” kata Bitz.