5 Fakta Coelacanth, Ikan Purba Indonesia yang Hamil selama 5 Tahun

Kamis, 09 November 2023 - 19:07 WIB
Coelacanth sering disebut sebagai fosil hidup. Coelacanth merupakan hewan purba yang sudah ada sejak 400 juta tahun lalu pada Periode Devonian. Sebelumnya, coelacanth dianggap sebagai hewan yang sudah punah sekitar 66 juta tahun yang lalu.

Namun, pada 1938, coelacanth ditemukan di pantai selatan Afrika. Lalu pada 1998, coelacanth kembali ditemukan di Manado, Sulawesi Utara, Indonesia. Hingga saat ini, hanya terdapat dua spesies yang tersisa.

4. Hanya 2 Spesies Tersisa

Saat ini hanya ada dua spesies coelacanth yang masih hidup, yaitu coelacanth Afrika dan coelacanth Sulawesi. Coelacanth Afrika bisa dijumpai di Samudera Hindia dekat pantai tenggara Afrika, Madagaskar, dan Komoro. Sedangkan coelacanth Sulawesi dapat ditemukan di perairan dengkat Sulawesi bagian utara di Indonesia.

5. Hewan Terancam Punah

IUCN mencatat coelacanth Afrika sebagai spesies yang sangat terancam punah dan coelacanth Sulawesi sebagai spesies yang rentan terhadap kepunahan. Habitat yang semakin sedikit, aktivitas manusia yang merugikan, dan adanya predator-predator baru di laut dalam menjadi salah satu penyebab coelacanth sangat terancam punah.

MG/Vina Karlameta Suhandi