Bukan Cuma Satu, Ini 9 Jenis Kambing yang Ditemukan di Indonesia

Kamis, 09 November 2023 - 21:00 WIB
Kambing adalah hewan ternak yang memiliki beragam jenis dan ras. (Foto: Freepik/Vecstock)
JAKARTA - Kambing adalah hewan ternak yang memiliki beragam jenis dan ras. Di Indonesia, ada beberapa jenis kambing yang umumnya dibudidayakan.

Setiap jenis kambing memiliki karakteristik yang berbeda dan umumnya digunakan untuk tujuan budidaya yang berbeda, seperti daging, susu, atau bahkan sebagai hewan peliharaan.

Berikut beberapa jenis kambing yang ditemukan di Indonesia :

1. Kambing Kacang



Kambing Kacang adalah salah satu jenis kambing asli Indonesia yang paling populer. Kambing jenis ini dikenal dengan ukuran tubuh yang relatif kecil, biasanya dengan beragam warna bulu seperti hitam, putih, dan coklat. Kambing Kacang lebih sering digunakan untuk diambil dagingnya daripada untuk susu.





2. Kambing Etawa



Kambing etawa merupakan kambing asli India yang juga disebut kambing jamnapari. Kambing etawa adalah jenis kambing yang memiliki karakteristik tubuh yang lebih besar daripada kambing Kacang. Mereka sering dikenal sebagai kambing etawa dan biasanya digunakan untuk susu. Kambing etawa memiliki ciri khas tanduk yang besar dan bulu beragam warna.

3. Kambing Jawarandu



Kambing jawarandu juga sering disebut sebagai kambing bligon, kacukan, atau gumbolo. Kambing jawarandu adalah jenis kambing persilangan antara kambing peranakan etawa (PE) dan kambing kacang. Kambing ini memiliki ukuran yang lebih besar dengan bentuk telinga yang lebar.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More