6 Fakta Jerapah, Hewan Darat Tertinggi yang Terancam Punah

Senin, 13 November 2023 - 19:26 WIB

3. Memiliki Lidah yang Gelap



Jerapah memiliki lidah yang berwarna gelap. Umumnya, jerapah memiliki warna lidah biru, ungu, dan bahkan hitam. Lidah berwarna gelap ini bisa digunakan untuk mencegah sengatan matahari, karena sebagian besar makanannya mendapatkan banyak paparan sinar matahari.

4. Hanya Minum Sedikit Air



Lehernya yang panjang, membuat jerapah sulit untuk mencapai tanah. Ketika minum air, jerapah harus merentangkan kaki depannya atau menekuk lututnya untuk dapat menurunkan lehernya ke permukaan air. Hal ini membuat jerapah hanya sedikit minum, walaupun air sudah tersedia di dekatnya.



5. Memiliki Bintik Coklat Unik



Jerapah terkenal dengan lehernya yang panjang dan bintik coklat pada seluruh tubuhnya. Bintik coklat yang ada pada tubuhnya memiliki keunikan tersendiri pada setiap individunya. Bintik coklat pada jerapah mirip dengan sidik jari manusia, yang berbeda antara satu dengan yang lainnya.

Pada bagian bawah bintik jerapah juga terdapat sistem pembuluh darah yang bertindak sebagai jendela termal untuk mengatur panas tubuh.

6. Hewan Terancam Punah



Jerapah menjadi perhatian yang sangat serius oleh International Union for Conservation of Nature (IUCN). IUCN mengklasifikasikan jerapah dalam daftar merah yang dianggap sebagai hewan yang sangat terancam punah. Bahkan, di beberapa negara Afrika, jerapah termasuk hewan yang sudah punah.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More