12 Fakta Menarik Kuda Nil yang Jarang Diketahui, Buang Angin lewat Mulut

Rabu, 15 November 2023 - 08:53 WIB
Kuda Nil adalah spesies badak air yang ditemukan di Asia Tenggara, termasuk Indonesia. (Foto: Taman Safari)
JAKARTA - Banyak fakta menarik Kuda Nil yang belum banyak diketahui masyarakat. Satwa berjuluk badak air Asia ini adalah mamalia yang memiliki daya tarik unik.

Kuda Nil (Rhinoceros sondaicus) adalah spesies badak air yang dapat ditemukan di wilayah Asia Tenggara, termasuk Indonesia.

Kuda Nil dikenal dengan ciri khasnya, yaitu tubuh yang besar dengan kulit berkerut dan tanduk tunggal yang menonjol di hidungnya. Mereka adalah hewan semi-aquatic, yang menghabiskan sebagian besar waktu di air atau di sekitar wilayah perairan.

Berikut 12 fakta menarik kuda nil dirangkum dari berbagai sumber, Rabu (15/11/2023).

1. Memiliki spesies kuda nil kerdil



Selain kuda nil (Hippopotamus amphibious) yang biasa kita kenal, ada pula spesies kuda nil kerdil (Choeropsis liberiensis) yang jarang diketahui oleh masyarakat. Ukuran kuda nil kerdil ini panjang 1,75 meter dan berat 275 Kg. Sementara panjang kuda nil yang biasa kita ketahui bisa mencapai 5 meter dan berat 4,5 ton. Persebaran kuda nil kerdil ini hanya ada di Afrika Barat.





2. Tidak Bisa Berenang



Kuda nil terkenal sebagai hewan yang sangat suka berada di air. Menurut National Geographic, mereka bisa menghabiskan hingga 16 jam di air dalam sehari. Tapi tak seperti yang dikira banyak orang, kuda nil ternyata tidak bisa berenang. Tubuh mereka berat, dan kaki mereka terlalu pendek untuk menciptakan gaya yang cukup kuat untuk mengambang.

Lalu kenapa kuda nil bisa berada di air tanpa tenggelam? Laman San Diego Zoo mengatakan kuda nil sebenarnya berjalan di dasar sungai dangkal, menggunakan jari kakinya untuk mendorong tubuhnya bergerak.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More