5 Negara Timur Tengah dengan Militer Terkuat, Israel Urutan Berapa?

Rabu, 15 November 2023 - 09:04 WIB

3. Turki



Turki merupakan negara dengan kekuatan militer terbesar kedua di NATO setelah Amerika Serikat. Negara ini juga merupakan salah satu kekuatan militer terbesar di Timur Tengah. Dengan 355.200 personel aktif dan 378.700 tentara cadangan, serta serangkaian pangkalan yang tersebar di wilayah, dukungan Turki terbukti penting bagi operasi apapun yang dilakukan oleh sekutu baratnya.

Turki juga memilik akses ke sejumlah pangkalan militer di luar negri termasuk Albania , Azerbaijan, Bosnia, Irak, Kosovo, Libya, Siprus Utara, Qatar, Somalia, dan Suriah.



4. Mesir



Mesir, negara yang berbatasan langsung dengan krisis yang terjadi di Gaza, juga dianggap memiliki salah satu kekuatan militer paling top di Timur tengah. Kekuatan militer Mesir menempati peringkat ke 14 dari 145 negara yang ditinjau dalam laporan Global Firepower Index tahun 2023. Angkatan bersenjata Mesir memiliki 438.500 personel aktif dan 479.000 personel cadangan yang dapat dipanggil dalam situasi krisis. Mesir memiliki anggaran militer sebesar USD4,6 miliar pada tahun 2022.

5. Arab Saudi



Kerajaan Arab Saudi menempati peringkat kelima dalam peringkat Global Firepower dari lima kekuatan militer terkuat di Timur Tengah, dan peringkat ke 22 secara keseluruhan. Dengan anggaran militer sebesar USD 69,1 miliar pada tahun 2023.

Angkatan bersenjata Arab Saudi memiliki 257.000 personel tugas aktif, dan dibagi menjadi angkatan darat, angkatan laut, angkatan udara, pasukan pertahanan udara, dan pasukan rudal strategis.

MG/Athaya Ramadhan
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More