Mengulik Penjelasan Ilmiah Kesurupan yang Sering Dikaitkan dengan Hal Mistis

Rabu, 15 November 2023 - 11:36 WIB
Kesurupan diartikan ketika tubuh seseorang dirasuki makhluk halus. Lalu, adakah penjelasan ilmiah tentang kesurupan? Foto/Ilustrasi/Shutterstock
JAKARTA - Penjelasan ilmiah tentang kesurupan menjadi pembahasan menarik untuk diulas. Bagi sebagian masyarakat Indonesia, mereka tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah kesurupan.

Berbicara hal berbau mistis , ada cukup banyak istilah yang melekat bagi masyarakat Tanah Air. Dari sekian banyak yang dipercaya, salah satunya yang cukup menarik adalah fenomena kesurupan.

Lantas, apa itu sebenarnya kesurupan dan bisakah dijelaskan secara ilmiah?

Penjelasan Ilmiah Kesurupan



Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), ‘Kesurupan’ berasal dari kata dasar ‘Surup'. Pemaknaannya adalah kemasukan (setan/roh), sehingga bertindak yang aneh-aneh atau tidak wajar.





Pada kepercayaan sebagian masyarakat, kesurupan diartikan ketika tubuh seseorang dirasuki makhluk halus. Ketika jiwanya dirasuki, orang tersebut bisa bertindak aneh atau setidaknya melakukan hal-hal di luar dari kebiasaannya.

Hampir serupa, perukiah memandang fenomena kesurupan sebagai kondisi hilangnya kesadaran akibat masuknya jin ke tubuh melalui aliran darah. Akibatnya, individu terkait tidak bisa mengendalikan diri.

Nah, setelah mengetahui arti kesurupan berdasarkan pemaknaan bahasa dan kepercayaan masyarakat, ada juga sejumlah pendapat lain yang mencoba mengambil sudut pandang berbeda. Salah satunya mencoba menelaah secara ilmiah.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More