7 Fakta Unik Ikan Mola, Bisa Menghasilkan 300 Juta Telur

Kamis, 07 Desember 2023 - 12:23 WIB
Ikan mola sangat suka mengapung di permukaan air untuk berjemur. (Foto: Lotusbungalows.com)
JAKARTA - Mola atau ocean sunfish adalah ikan omnivora yang memiliki nama ilmiah Mola mola. Nama ikan mola berasal dari bahasa latin ‘mola’ yang berarti penggilingan. Nama ini disematkan untuk ikan mola karena memiliki kemiripan dengan batu giling yang digunakan untuk menggiling biji-bijian.

Ikan mola merupakan hewan omnivora. Biasanya, ikan mola akan memakan ubur-ubur, ikan-ikan kecil, zooplankton, dan alga. Umumnya, ikan mola tidak berbahaya bagi manusia, tetapi akan mendekati manusia yang menyelam ke laut.

Ikan mola termasuk dalam ikan bertulang berat. Panjang tubuhnya bisa mencapai 3,3 sampai 4,3 meter dengan berat mencapai 2.540 kilogram atau setara dengan 2,5 ton.

Berikut fakta unik ikan mola dikutip dari berbagai sumber:

1. Hewan Soliter



Ikan mola termasuk hewan soliter. Mereka lebih menyukai hidup sendiri dibandingkan dengan kawanannya. Kesendiriannya ini membuat ikan mola betina sulit untuk mencari dan menemukan pasangan. Hal ini membuat ikan mola yang sudah mendapatkan pasangan akan memiliki banyak telur.





2. Menghasilkan Banyak Telur



Ikan mola memiliki keunikan yang jarang dimiliki oleh hewan lain. Ikan mola, khususnya ikan mola betina bisa bertelur lebih dari 300 juta telur sekaligus. Perkawinan yang jarang dilakukan membuat ikan mola akan bertelur lebih banyak dibandingkan dengan vertebrata lain untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

3. Suka Berjemur

Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More