7 Fakta Unik Burung Merak, Keajaiban di Balik Sayap Berwarna

Kamis, 14 Desember 2023 - 15:45 WIB
Selain memiliki bulu menakjubkan, burung Merak juga sangat cerdas. (Foto: Brightly)
JAKARTA - Di dalam hutan yang lebat serta padang rumput terbuka, hiduplah makhluk yang memikat hati dengan keanggunan serta keindahan yang tidak terbandingkan.

Burung merak, dengan bulu warna-warni serta tarian megahnya, menjadi simbol keelokan alam. Fakta unik burung merak selama ini telah menjadi misteri alam yang mengagumkan.

Burung merak merupakan hewan asli Asia. Di India, tempat asalnya, burung Merak merupakan simbol agama Hindu hingga keluarga kerajaan India. Di tempat lain, mereka dikagumi terutama karena hiasan bulu ekornya yang berwarna biru serta hijau, namun tentu saja bukan karena vokalisasi mereka yang bernada tinggi.

Burung merak dikenal karena bulunya yang kaya dan warna permata yang tajam. Burung ini memang memukau secara visual namun terdapat lebih banyak hal yang bisa dilihat dari burung merak. Terdapat tiga spesies dari burung ini, yakni biru, hijau, dan Kongo.

Menurut Daftar Merah Persatuan Internasional untuk Konservasi Alam (IUCN), burung merak biru masuk dalam daftar “paling tidak memprihatinkan” serta burung merak hijau masuk dalam daftar “terancam punah”. Lalu, untuk merak Kongo terdaftar sebagai “rentan”.





Inilah tujuh fakta unik dari burung merak:

1. Keajaiban Warna yang Menakjubkan



Satu-satunya kata yang mampu menggambarkan bulu burung merak merupakan “spektakuler”. Warna-warna yang menawan, dari biru, hijau, dan ungu, hingga kombinasi beragam, menghasilkan palet yang memukau di alam. Setiap bulu terasa seperti karya seni alami, memberikan sentuhan magis pada pemandangan alam.

2. Tarian Elegan untuk Menarik Pasangan

Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More