Inilah Burung yang Terancam Punah di Indonesia, Nomor 2 hanya Tersisa Ratusan Ekor

Senin, 17 Juni 2024 - 18:35 WIB
Ada sejumlah burung yang terancam punah di Indonesia, salah satunya Macrocephalon maleo asal Sulawesi. Foto: ist
JAKARTA - Indonesia kaya akan flora dan fauna. Sayangnya, banyak burung asli Indonesia yang terancam punah karena berbagai hal. Termasuk perdagangan ilegal dan perburuan liar. Apa saja burung yang terancam punah?

1. Elang Jawa (Nisaetus bartelsi)

Elang Jawa adalah burung pemangsa endemik Pulau Jawa. Burung ini memiliki jambul menonjol di kepalanya dan tubuh berwarna coklat gelap. Elang Jawa menghadapi ancaman kehilangan habitat akibat deforestasi dan perburuan liar.

2. Jalak Bali (Leucopsar rothschildi)

Jalak Bali merupakan burung endemik Bali yang memiliki bulu putih bersih dengan ujung sayap dan ekor berwarna hitam. Burung ini dikenal karena keindahannya dan menjadi simbol fauna Bali. Ancaman utama Jalak Bali adalah perdagangan ilegal dan hilangnya habitat alami. Diperkirakan hanya sekitar 50-100 individu di alam liar

3. Cenderawasih Kuning Besar (Paradisaea apoda)

Burung ini adalah salah satu spesies cenderawasih yang paling ikonik. Cenderawasih Kuning Besar jantan memiliki bulu berwarna kuning cerah dengan hiasan ekor yang panjang dan indah. Mereka terancam oleh perburuan untuk diambil bulunya dan hilangnya habitat.

4. Kakatua Jambul Kuning (Cacatua sulphurea)

Kakatua Jambul Kuning adalah burung dengan bulu putih dan jambul kuning yang mencolok. Burung ini memiliki kemampuan meniru suara dan dikenal cerdas. Ancaman utama bagi Kakatua Jambul Kuning adalah perdagangan ilegal untuk dijadikan hewan peliharaan.

5. Rangkong Gading (Rhinoplax vigil)

Rangkong Gading adalah burung enggang terbesar di dunia dan memiliki paruh yang terbuat dari gading. Burung ini memiliki peran penting dalam ekosistem hutan. Rangkong Gading terancam oleh perburuan untuk diambil paruhnya yang berharga tinggi di pasar gelap.

6. Beo Nias (Gracula robusta)

Beo Nias merupakan burung beo yang memiliki bulu hitam mengkilap dengan bercak kuning di belakang matanya. Burung ini dikenal karena kemampuannya meniru suara manusia. Beo Nias terancam oleh perdagangan ilegal untuk dijadikan hewan peliharaan.

7. Merak Hijau (Pavo muticus)

Merak Hijau adalah burung dengan bulu indah yang terkenal dengan ekornya yang panjang dan berwarna-warni. Burung ini terancam oleh perburuan untuk diambil bulunya dan hilangnya habitat alami.