Spesifikasi Jet Tempur KAAN Turki, Calon Pengganti F-16?

Sabtu, 16 Desember 2023 - 15:09 WIB
Spesifikasi jet tempur KAAN Turki penting dipahami, karena jet tersebut bersaing dengan F-16. Foto: ist
TURKI - Spesifikasi jet tempur KAAN Turki menarik dipahami. Sebab, Turki memiliki ambisi besar dalam bidang industri pertahanan dan dirgantara. Negara yang berada di perbatasan antara Eropa dan Asia itu ingin bisa mandiri dalam hal pemenuhan kebutuhan alutsista (alat utama sistem senjata).

Salah satu proyek yang sedang dikembangkan oleh Turki adalah jet tempur generasi kelima yang diberi nama KAAN. KAAN adalah singkatan dari Kavgaç Avcı Anadolu, yang berarti “Pertempuran Pemburu Anatolia”.

Nama ini menggambarkan karakteristik jet tempur ini yang dirancang untuk memiliki kemampuan siluman, manuverabilitas, kecepatan, dan daya tembak tinggi.

KAAN juga merupakan nama laki-laki yang sangat populer di Turki dan Asia Tengah, yang memiliki banyak arti yang mengarah ke kekuatan, seperti “Raja segala Raja”, “Yang Berdaulat”, atau “Prajurit bumi dan langit yang gigih”.

Spesifikasi Jet Tempur KAAN



KAAN merupakan program jet tempur generasi kelima Turki yang sebelumnya disebut TF-X atau Turkish Fighter Experimental. Program ini telah dimulai sejak 2016 oleh Turkish Aerospace Industries (TAI), perusahaan BUMN yang bergerak di bidang penerbangan dan pertahanan.

TAI bekerja sama dengan beberapa mitra strategis, seperti BAE Systems dari Inggris, General Electric dari Amerika Serikat, dan Aselsan dari Turki sendiri.

Jet tempur KAAN diharapkan bisa menjadi pengganti dari jet tempur F-16 yang saat ini menjadi andalan Angkatan Udara Turki. F-16 merupakan jet tempur generasi keempat yang sudah mulai usang dan rentan terdeteksi oleh radar musuh.

KAAN akan memiliki teknologi yang lebih canggih dan modern, yang sesuai dengan standar NATO dan persyaratan operasional Turki.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More