Empat Fenomena Langit Spektakuler pada 2024

Sabtu, 23 Desember 2023 - 14:34 WIB
Tahun 2024 akan menyajikan banyak peristiwa langit yang spektakuler. (Foto: Unsplash)
JAKARTA - Tahun 2024 akan menyajikan banyak peristiwa langit yang spektakuler yang dapat disaksikan langsung dari Bumi. Mulai dari hujan meteor yang mempesona hingga komet raksasa.

Fenomena langit ini sebagaian bisa disaksikan langsung dengan mata telanjang. Namun, akan lebih jelas lagi jika menggunakan teropong bintang.

Berikut empat fenomena langit yang akan menghiasi langit Bumi pada 2024 dilansir dari Gulf News, Sabtu (23/12/2023).

1. Penampakan Jupiter dan bulan

Planet terbesar di tata surya yaitu Jupiter akan mendominasi langit malam pada 18 Januari 2024. Menurut laporan National Geographic, Jupiter akan muncul di samping bulan yang bersinar. Dengan teropong, empat bulan Jupiter berjajar di sampingnya bahkan bisa diamati.

2. Komet raksasa

Berukuran sekitar tiga kali lipat Gunung Everest, komet raksasa 12P/Pons-Brooks saat ini sedang menuju tata surya dalam. Komet cryovolcanic ini terutama terdiri dari es, debu, dan gas. Saat mendekati matahari pada Maret 2024, diharapkan komet ini akan meningkatkan kecepatannya akibat tarikan gravitasi matahari.

Pada 12 April, kemungkinan komet ini dapat dilihat dengan mata telanjang dari Bumi, saat melewati Jupiter. Penampakan komet ini diperkirakan akan terjadi lagi pada 21 April 2024 ketika akan mencapai titik terdekatnya dengan matahari dan mencapai kecerahan puncak.