Daftar Pasukan Elit Militer Sepanjang Sejarah, Ada Janissary dari Ottoman

Sabtu, 23 Desember 2023 - 22:39 WIB
Immortal merupakan pasukan elit Persia yang selalu berjumlah 10 ribu orang. (Foto: Warner Bross)
JAKARTA - Sejarah mencatat bangsa yang besar pasti memiliki militer yang kuat. Di balik kekuatan militer tersebut terdapat pasukan elit yang tangguh dan mematikan.

Tersebutlah pasukan elit Janissary yang menyokong kekaisaran Ottoman menaklukkan Konstantinopel. Sementara di era militer modern juga banyak bertebaran pasukan elit.

Pasukan elit ini namanya sudah melegenda berkat reputasinya. Personelnya juga bukan prajurit biasa. Mereka dilatih untuk beroperasi di lingkungan asing di luar rantai komando biasa, mampu melakukan tugas paling sulit dan biasanya bekerja secara senyap.

Berikut daftar pasukan elit militer sepanjang sejarah umat manusia dilansir dari Splash Travel, Sabtu (23/12/2023).

1. Suku Medjay



Suku Medjay adalah suku nomaden yang mengabdi ke kerajaan Mesir kuno. Awalnya mereka adalah tentara bayaran namun akhirnya berkembang menjadi pasukan elit. Pasukan ini sangat mumpuni dalam misi pengintai gurun dan pertempuran langsung.





2. Hypaspists



Philip II dari Makedonia dan putranya, Alexander Agung, merevolusi pertempuran dan dinas militer dengan mengorganisir pasukan yang sangat efisien, untuk menaklukkan sebagian besar dunia barat dan timur. Salah satu unit tentara elitnya adalah Hypaspists. Mereka adalah orang terpilih dari Angkatan Darat Raja. Hypaspists digunakan secara taktis untuk melindungi pasukan yang rentan dan sebagai pengawal kerajaan.

3. Companion Cavalry



Companion Cavalry adalah pasukan elit Makedonia. Pasukan ini terkenal sebagai kavaleri terhebat di dunia kuno. Pasukan elit ini digunakan sebagai alat utama dari taktik palu dan landasan oleh Philip dan Alexander dalam pertempuran. Infanteri bertindak sebagai landasan, menahan musuh di tempat sebelum kavaleri menembus dan memberikan pukulan telak pada musuh.

4. Mailmen



Mailmen adalah kurir militer untuk Kekaisaran Romawi yang dikembangkan dengan cermat oleh Julius Caesar sebagai agen spionase. Para agen ini sering ditugaskan untuk bergerak di belakang garis musuh dan berfungsi intelijen. Mereka juga memiliki otoritas untuk melakukan penangkapan dan eksekusi.

5. Prajurit Praetorian Romawi



Praetorian adalah pasukan elit Romawi, dilatih dalam segala bentuk keterampilan militer untuk memastikan dapat dipanggil dalam setiap situasi. Selama periode kekaisaran, mereka menjadi pasukan elit yang ditugaskan untuk mengawasi dan melindungi kaisar dan Roma.



6. Batavi

Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More