Spesifikasi KRI Banjarmasin 592, Kapal Perang Canggih TNI AL Buatan Anak Bangsa

Jum'at, 24 Mei 2024 - 21:32 WIB
loading...
Spesifikasi KRI Banjarmasin 592, Kapal Perang Canggih TNI AL Buatan Anak Bangsa
KRI Banjarmasin 592 . FOTO/ PUSPEN TNI
A A A
JAKARTA - KRI Banjarmasin 592 merupakan salah satu alutsista milik TNI Angkatan Laut (AL) yang punya spesifikasi mumpuni. Belum lama ini kapal perang itu digunakan untuk mendukung kegiatan Latihan Integrasi Taruna Wreda Nusantara (Latsitardanus XLIV Tahun 2024).



Dilansir dari laman resmi TNI, Latsitardanus XLIV adalah kegiatan rutin yang diadakan setiap tahun sebagai bentuk pembinaan terhadap para Taruna Wreda. Latihan ini tidak hanya bertujuan untuk mengasah keterampilan fisik, tetapi juga untuk membentuk karakter, kepemimpinan dan integritas para peserta.

KRI Banjarmasin 592 sendiri bukanlah nama baru di armada Angkatan Laut. Kapal perang ini secara resmi masuk jadi bagian TNI AL sejak tahun 2009 silam.

KRI Banjarmasin 592 adalah salah satu kapal perang jenis Kapal jenis LPD atau Landing Platform Dock, berfungsi sebagai kapal angkut serbaguna, mampu mengangkut pasukan dan peralatan tempurnya, menjadi rumah sakit darurat, dan pengendalian operasi heli.

Spesifikasi KRI Banjarmasin 592

KRI Banjarmasin 592 diklaim sebagai karya anak bangsa yang mampu bersaing dengan kapal-kapal asing jenis yang sama. Kapal ini merupakan produk unggulan PT PAL Indonesia bekerja sama Dae Sun Shipbuilding-Korea Selatan.

Kapal jenis LPD ini dirancang khusus supaya dapat menampung banyak muatan. Disebutkan jika kapal ini mampu menampung 22 tank, juga dapat mengangkut kombinasi 20 truk dan 13 tank, 560 pasukan, dan 126 awak.

Tidak hanya itu, kapal ini juga diperkirakan dapat memuat hingga lebih dari 300 pasukan. Kapal milik TNI AL ini memiliki berat mencapai 7.300 ton, dengan panjang 122 meter, lebar 22 meter, dan tinggi 56 meter.

Kapal ini memiliki kecepatan maksimum hingga 16 knots, dan kecepatan jelajah 14 knots. Jangkauannya sendiri bisa mencapai 10.000 mil laut dan dapat bertahan hingga 30 hari.

Sebagai kapal perang TNI AL, KRI Banjarmasin-592 dipersenjatai dengan satu unit meriam kaliber 57 mm, dan dua unit meriam kaliber 40 mm.

Itulah spesifikasi singkat dari KRI Banjarmasin 592 yang merupakan kapal canggih milik TNI AL. Hingga saat ini, kapal perang tersebut telah mengemban berbagai tugas baik operasi maupun latihan.
(wbs)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1637 seconds (0.1#10.140)
pixels