6 Penemuan Menakjubkan di 2023, Ada Pedang Raksasa Jepang

Sabtu, 30 Desember 2023 - 18:41 WIB
Pedang berusia 3 ribu tahun ditemukan dalam kondisi utuh di kota Nördlingen, Bavaria, Jerman. (Foto: Ancient Origins)
JAKARTA - Sepanjang 2023, banyak penemuan menakjubkan dari masa lalu. Temuan benda-benda bersejarah ini mengungkap betapa majunya peradaban kuno di berbagai belahan dunia.

Sebagaian ditemukan dalam kondisi utuh tak lekang dimakan zaman. Sebagaian lagi ditemukan dalam kondisi apa adanya, setelah terkubur berabad-abad di perut bumi. Namun, sisa-sisanya saja masih membuat decak kagum.

Berikut daftar penemuan luar biasa sepanjang 2023 dilansir dari Ancient Origins, Sabtu (30/12/2023).

1. Pedang raksasa 7 kaki dan cermin pembunuh setan



Para peneliti di Jepang menemukan pedang raksasa sepanjang 7 kaki dan cermin perunggu berbentuk perisai saat menggali gundukan pemakaman kofun kuno. Temuan ini diumumkan pada 25 Januari 2023. Prof. Seigo Wada, direktur Hyogo Prefectural Museum of Archaeology menyatakan pedang dan cermin tersebut ditemukan di makam kofun bundar terbesar Jepang, Tomio-Maruyama, yang dibuat pada paruh kedua abad keempat Masehi.

Terkubur dalam tanah liat tepat di pusat makam kuno, dan diletakkan di atas tubuh jenazah, pedang dan cermin raksasa yang sangat tidak biasa ini berhasil dipulihkan.





2. Pedang berusia 3 ribu tahun masih utuh dan bersinar



Para arkeolog dikejutkan dengan penemuan pedang berusia 3 ribu tahun dalam kondisi utuh di kota Nördlingen, Bavaria, Jerman. Mulai dari gagang hingga ujung pedang semua masih mulus dan tajam. Pedang yang diperkirakan dari Zaman Perunggu ini ditemukan secara kebetulan selama penggalian situs pemakaman yang berisi sisa-sisa seorang pria, wanita, dan anak. Terbuat dari perunggu, pedang ini memiliki gagang oktagonal yang sangat indah.

3. Kerangka manusia abad pertengahan dengan tangan prostetik

Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More