Prasasti Misterius pada Sphinx Kuno Terungkap, Berisi Pesan Tidak Biasa

Kamis, 04 Januari 2024 - 17:57 WIB
Kemungkinan besar juru tulis tersebut mencoba mengungkapkan sesuatu dalam bahasa selain bahasa Yunani dengan menggunakan alfabet Yunani kuno. Nilai fonetik alfabet Yunani kuno mencatat puisi berirama pendek dalam bahasa Proto-Hongaria.

Diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris, bunyinya: “Lihatlah, sembahlah: inilah singa suci,” yang dapat dianggap sebagai perintah untuk menghormati sphinx.

Puisi yang diterjemahkan ini patut diperhatikan karena “pemujaan sphinx bukanlah bagian dari mitologi Romawi kuno arus utama yang menampilkan dewa dan dewi Romawi yang dikenal banyak orang saat ini,” kata Peter Revesz, profesor Universitas Nebraska, kepada McClatchy News, Kamis (4/1/2024).

Revesz menekankan bahwa patung sphinx ini unik karena memberikan beberapa catatan tentang agama minoritas yang catatannya di Kekaisaran Romawi jauh lebih sedikit. “Karakter-karakter tersebut mungkin terlihat misterius pada awalnya, namun begitu pencerminannya diketahui, karakter-karakter tersebut menjadi mudah dikenali sebagai huruf alfabet Yunani,” ujarnya.
(wib)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More