10 Negara dengan Tank Tempur Terbanyak di Dunia, Siapa Jawaranya?

Senin, 22 Januari 2024 - 20:00 WIB
Sejak pertama kali digunakan pada Perang Dunia I, tank terus bermetamorfosa menjadi kendaraan tempur andalan di medan pertempuran. (Foto: Unsplash)
JAKARTA - Perang Rusia dan Ukraina serta Israel melawan Hamas menghadirkan sejumlah tank tempur modern dengan fitur-fitur canggih. Tilik saja tank Merkava Israel, M1 Abrams Amerika dan Leopard 2A7+ Jerman yang digunakan oleh Ukraina serta T-14 ARMATA Rusia.

Sejak pertama kali digunakan pada Perang Dunia I, tank terus bermetamorfosa menjadi kendaraan tempur andalan di medan pertempuran. Tank dilengkapi dengan senjata mematikan dan memberikan perlindungan dari bahaya di medan perang. Kehadiran tank juga mengintimidasi setiap musuh di garis depan.

Namun, tank sebagaimana kendaraan tempur lainnya memiliki sejumlah keterbatasan. Tank mudah menjadi target perangkat peledak, drone, misil anti-tank, dan artileri. Untuk mengatasi ancaman ini, tank modern kini telah dilengkapi dengan beragam sensor dan teknologi terbaru untuk mendeteksi bahaya dan mengeliminirnya.

Terlepas dari segala kelebihan dan kekurangannya, tank masih menjadi tulang punggung militer sebuah negara. Lantaran itu, produksi dan pengembangannya terus dilakukan.





Dilansir dari Insider Monkey, Senin (22/1/2024), berikut daftar negara dengan tank tempur terbanyak di dunia, berdasarkan Peringkat Kekuatan Militer Indeks Kekuatan Global 2024.

1. Rusia (14.777 tank)



Rusia masih menduduki peringkat teratas negara dengan tank tempur terbanyak di dunia dengan jumlah armada sebanyak 14.777 unit. Tank tempur Rusia dua kali lipat jumlah tank milik Korea Utara yang berada di peringkat kedua. Mengingat luasnya wilayah Rusia, masuk akal bagi negara ini memiliki armada tank yang besar. Tank T-90 dan T-14 ARMATA adalah tank paling canggih milik Rusia.

2. Korea Utara (5.845 tank)

Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More