Mirip Tank, Intip Spesifikasi Robot Pemadam Kebakaran yang Menakjubkan

Sabtu, 10 Februari 2024 - 16:15 WIB
loading...
Mirip Tank, Intip Spesifikasi Robot Pemadam Kebakaran yang Menakjubkan
Robot pemadam kebakaran juga dapat mengangkat benda berat dan berfungsi sebagai platform untuk tandu guna membawa korban. (Foto: KT Photos)
A A A
JAKARTA - Perkembangan teknologi robot berkembang pesat. Robot pemadam kebakaran kini telah hadir untuk menjalankan tugas berbahaya menggantikan manusia memadamkan api yang berkobar.

Lantaran menghadapi medan berat, robot ini didesain mirip tank dengan segala ketangguhannya dan dapat dikendalikan dari jarak jauh.

"Robot pemadam kebakaran dapat memadamkan kobaran api di pabrik petrokimia, gudang besar, bangunan, dan tempat lain dengan suhu tinggi dan radiasi termal yang kuat. Mereka dibangun untuk menahan dinding yang runtuh atau daerah apa pun dengan kontaminasi berbahaya," kata Adam Cui, manajer penjualan Shandong GuoXing Intelligent Technology dilansir dari Khaleej Times, Sabtu (10/2/2024).

Robot-robot bertenaga listrik ini unjuk gigi di ajang Intersec 2024 di Dubai, UEA. Tak hanya satu tapi ada beberapa jenis yang dikembangkan oleh NAFFCO dan perusahaan dari China, Shandong GuoXing Intelligent Technology.



Disebutkan, dengan sensor canggih dan teknologi mumpuni, robot-robot ini mampu masuk ke dalam bangunan yang terbakar. Mereka dapat beroperasi ketika asap terlalu beracun untuk paru-paru manusia. Robot ini juga dapat mengangkat benda berat dan bahkan berfungsi sebagai platform untuk tandu guna membawa individu yang terluka.

"Daripada mengambil risiko mengirim penyelamat manusia untuk masuk ke tempat-tempat berbahaya untuk memadamkan api, robot dapat dikerahkan sebagai gantinya," kata Adam Cui.

Pada Mei tahun lalu, seorang petugas pemadam kebakaran UEA meninggal dunia saat bertugas memadamkan kobaran api di Dubai. Sebagian atap runtuh dan menimpa martir berusia 29 tahun itu.

Robot pemadam kebakaran dilengkapi dengan kamera dan dikendalikan dari jarak jauh oleh personel yang terlatih. Mereka memiliki tatakan seperti tank dan dapat menavigasi tempat-tempat berbahaya. Nosel depan dapat menembak atau menyemprotkan air atau busa.



Kemampuan robot pemadam kebakaran akan terus ditingkatkan. Adam Cui mengatakan, para peneliti tengah mengembangkan robot pemadam kebakaran 'intelektual' yang dapat membuat keputusan secara otonom.

Berikut spesifikasi dua robot pemadam kebakaran yang hadir di Intersec 2024:

1. NAFFCO NFR-500


- Dapat menyemprotkan air atau busa dari 1.000 hingga 3.000 liter per menit.
- Chassis terbuat dari aluminium aeronautika
- Pembersihan rintangan: Hingga 30 cm; kemiringan hingga 40°; kemiringan samping hingga 35°
- Kapasitas tarikan: 1t
- Beban: 500 kg
- Dimensi: 76cm tinggi; lebar 78cm; panjang 1,60m
- Mesin listrik 2x 4.000W; ditenagai oleh baterai lithium-ion 6 shark energy ultra-resistant yang mudah dipasang
- 12 jam dalam operasi
- Kecepatan: 5 km/jam
- Kamera termal dengan turret video zoom x30
- Mempunyai GPS, sensor suhu, dan unit inersia terintegrasi
- Baterai di dalam kotak anti ledakan
- Harga sekitar Rp4,2 miliar

2. Robot pemadam kebakaran mini Guoxing


- Dimensi: 1.700 x 1.000 x 1.300mm
- Berat <900kg
- Pembersihan rintangan maksimum 200mm
- Memiliki baterai anti ledakan
- Fungsi pengendalian jarak jauh dapat mencapai hingga 40 meter
- Waktu kerja lebih dari 2 jam
- Memiliki fungsi hindari rintangan
- Semprotan dapat mendinginkan diri sendiri
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1959 seconds (0.1#10.140)