Spesifikasi Drone Orlan dan ZALA, Senjata Baru Kapal Perang Rusia

Rabu, 24 Januari 2024 - 09:24 WIB


Mengapa Rusia terus menambah persenjataan kapal perangnya?



Upaya modernisasi persenjataan ini kemungkinan akan difokuskan terutama pada kapal pendaratan besar Proyek 775, kelas Ropucha. Kapal Proyek 775 adalah tulang punggung dari armada amfibi Rusia. Kapal-kapal ini telah memainkan peran kunci dalam berbagai operasi maritim. Seperti mendukung operasi Syrian Express di Suriah. Operasi ini dimulai sebagai respons terhadap inspeksi negara-negara Eropa terhadap kapal-kapal pengangkut besar yang mengirim barang dari Rusia ke Suriah.

Karena negara-negara ketiga tidak dapat menahan kapal perang, kapal pendaratan besar dari Armada Utara, Laut Hitam, dan Laut Baltik dikerahkan untuk mengangkut barang.

Sepanjang konflik yang sedang berlangsung, Ukraina telah meluncurkan serangan berulang kali terhadap kapal-kapal vital ini. Pada 13 Agustus 2023, serangan Ukraina terhadap pangkalan laut Sevastopol di Crimea menyebabkan kerusakan pada kapal pendaratan Rusia, Minsk.

Selanjutnya, pada Desember 2023, kapal pendaratan Rusia Novocherkassk mengalami kerusakan akibat serangan Ukraina di pelabuhan di Crimea.



Oleh karena itu, keputusan untuk melakukan peningkatan persenjataan berasal dari wawasan yang diperoleh dari pengalaman dalam konflik berkelanjutan di Ukraina, yang menunjukkan keharusan untuk memperkuat kemampuan tembak dan perlindungan kapal pendaratan.

Laporan tersebut menyoroti selama pertempuran di Mariupol, kombinasi drone dan kapal perang terbukti sangat efektif, dengan drone berhasil mengidentifikasi target dan memandu tembakan di atas meriam otomatis 130 milimeter dan sistem peluncur roket ganda.

Kapal pendaratan lebih hemat biaya dibandingkan dengan fregat. Mengingat hasil dari operasi militer khusus Rusia di Ukraina, menjadi jelas bahwa kapal- kapal perang ini membutuhkan penguatan, termasuk pemasangan senjata artileri dan senjata mesin tambahan. Selain itu, drone sekarang secara luas dikerahkan dari papan kapal untuk operasi rekognisi di wilayah musuh.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More