Mengenal Butcherbird, Burung Tukang Jagal yang Brutal

Senin, 12 Februari 2024 - 13:42 WIB
Butcherbird adalah burung yang unik dan menarik dengan cara berburu yang ganas. Burung ini memainkan peran penting dalam menjaga keseimbangan ekosistem. Foto: ist
JAKARTA - Butcherbird, atau Burung Jagal, adalah burung penyanyi yang terkenal dengan kebiasaan berburunya yang ganas.

Butcherbird berburu dari tempat bertengger yang tinggi, seperti pohon atau tiang. Lalu, mereka menggunakan penglihatannya yang tajam untuk mencari mangsa, seperti serangga, kadal, dan tikus kecil.

Ketika butcherbird melihat mangsanya, ia akan terbang menukik ke bawah dengan kecepatan tinggi. Butcherbird menggunakan paruhnya yang kuat dan bengkok untuk menusuk mangsanya.

Butcherbird memiliki cara berburu yang brutal, dengan menusukkan mangsanya ke duri dan melihat mangsanya mati berlahan sebelum kemudian mencabik dagingnya. Foto: ist

Mangsa kemudian dirobek-robek dengan paruh dan cakar butcherbird. Yang unik adalah bagaimana burung jagal ini menyimpan mangsanya. Butcherbird menyimpan mangsanya yang tidak dimakan di duri tajam atau ranting pohon.

Ini membantu butcherbird untuk menjaga mangsanya tetap segar dan aman dari predator lain. Ketika butcherbird siap untuk makan, ia akan mengambil mangsanya dari tempat penyimpanannya.

Burung ini kemudian akan merobek mangsanya menjadi potongan-potongan kecil yang mudah dimakan. Butcherbird memiliki pencernaan yang kuat yang memungkinkannya untuk mencerna mangsanya yang keras.

Mereka dapat membunuh mangsa yang jauh lebih besar dari dirinya sendiri. Burung ini telah dikenal untuk membunuh ular, kelelawar, dan bahkan burung lain.