10 Spesies Paling Terancam Punah di Bumi, Salah Satunya Badak Jawa

Rabu, 10 April 2024 - 11:00 WIB
Badak Jawa kini hidup di Taman Nasional Ujung Kulon. (Foto: International Rhino Foundation)
JAKARTA - Perburuan liar, perambahan hutan, serta perubahan iklim menjadi faktor ancaman utama keberadaan spesies hewan tertentu. Beberapa spesies hewan bahkan berstatus terancam punah di muka bumi.

Hewan-hewan ini kebanyakan terancam punah lantaran memiliki harga mahal di pasar gelap untuk organ tubuhnya, diperdagangkan untuk dipelihara karena eksotismenya, mulai kehabisan habitat aslinya di alam liar serta konflik dengan manusia.

Melansir dari Britannica, Rabu (10/4/2024) berikut 10 spesies paling terancam punah yang menjadi pengingat akan pentingnya tindakan konservasi.

1. Lumba-Lumba Vaquita



Mamalia laut terkecil dan paling terancam punah di dunia ini hanya hidup di perairan Teluk California, Meksiko. Pada 1997, terdapat hampir 600 ekor lumba-lumba Vaquita, namun diperkirakan hanya 10 hingga 18 ekor lumba-lumba yang akan bertahan hidup hingga 2022.



Daerah jelajah alami Vaquita kaya akan ikan dan udang, dan juga kapal penangkap ikan. Rata-rata lumba-lumba Vaquita memiliki panjang 1,5 meter sehingga ukurannya kira-kira sama dengan totoaba. Hal ini menjadi masalah karena lumba-lumba dapat terjerat jaring tersebut dan tenggelam.

Jaring insang dilarang oleh pemerintah Meksiko pada 2015, namun masih digunakan secara ilegal meskipun ada program dan peraturan sosial yang mencegah penggunaannya.



2. Harimau China Selatan

Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More