7 Fakta Menarik Vaquita, Lumba-lumba Terkecil di Dunia yang Hampir Punah

Sabtu, 03 Februari 2024 - 07:23 WIB
loading...
7 Fakta Menarik Vaquita, Lumba-lumba Terkecil di Dunia yang Hampir Punah
Vaquita hanya ditemukan di ujung utara Teluk California, Meksiko. (Foto: Wikimedia Commons)
A A A
JAKARTA - Vaquita adalah spesies lumba-lumba terkecil di dunia yang hanya ditemukan di ujung utara Teluk California, Meksiko. Nama Vaquita diambil dari bahasa Spanyol yang berarti sapi kecil.

Populasinya diperkirakan hanya tersisa sekitar 10 ekor, menjadikannya mamalia laut yang paling terancam punah di dunia. Fauna langka ini adalah spesies lumba-lumba juga berkerabat dekat dengan mamalia laut lainnya seperti paus dan lumba-lumba.

Dilansir dari A-Z Animals, Sabtu (3/2/2024) berikut adalah 7 fakta menarik mengenai Vaquita yang hampir punah:

1. Lumba-lumba terkecil di dunia


Vaquita adalah jenis lumba-lumba yang kecil. Biasanya, beratnya sekitar 60 hingga 120 pon dan panjangnya sekitar 4 hingga 5 kaki. Jantan dewasa biasanya memiliki tinggi sekitar 4,6 kaki, sementara Vaquita betina sedikit lebih besar, mencapai hingga 4,9 kaki. Selain itu, Vaquita memiliki tubuh yang gemuk dan kepala bulat tanpa moncong, yang membuat mereka semakin terlihat berbeda dari lumba-lumba lainnya.


2. Memiliki ciri khas wajah unik


Vaquita adalah jenis lumba-lumba kecil yang memiliki ciri khas wajah unik. Mereka memiliki lingkaran hitam di sekitar mata dan bercak hitam melengkung di bibir atas dan bawah. Vaquita biasanya berwarna abu-abu dengan punggung lebih gelap dan bagian bawah berwarna putih. Bayi vaquita memiliki warna yang lebih gelap daripada yang dewasa.

3. Hewan karnivora


Makanan vaquita kebanyakan adalah cumi-cumi, ikan, dan hewan kecil seperti udang. Makanan favorit mereka adalah ikan yang tinggal di dasar laut seperti croaker dan grunts. Walaupun paus pembunuh dan hiu besar kadang-kadang memangsa vaquita, hal ini tidak menjadi alasan utama mengapa vaquita punah.


4. Dapat hidup 20 tahun


Vaquita adalah jenis mamalia laut yang sangat langka dan hampir punah. Mereka bisa hidup minimal 20 tahun dan mencapai kematangan seksual antara usia 3 hingga 6 tahun. Sayangnya, banyak vaquita yang tidak bisa mencapai usia tersebut karena seringnya tertangkap dalam jaring ikan yang digunakan oleh para penangkap ikan ilegal di wilayah perlindungan laut tempat mereka hidup. Hal ini menjadi ancaman serius bagi kelangsungan hidup vaquitas.

5. Berkomunikasi dan bernavigasi menggunakan sonar


Vaquita menggunakan sonar untuk berbicara dan menemukan jalan di dalam air. Mereka membuat suara klik pendek yang intens dan berfrekuensi tinggi untuk berkomunikasi satu sama lain. Di tempat-tempat gelap atau keruh, mereka akan bergantung pada sonar ini untuk berburu. Para ilmuwan menggunakan sonar ini untuk menghitung berapa banyak vaquita yang masih hidup di alam. Mereka mendengarkan suara klik khas vaquita menggunakan rangkaian hidrofon bawah air.

6. Dapat memiliki 5-7 keturunan


Vaquita betina hanya melahirkan satu anak per tahun dengan ukuran sekitar 16 pon dan panjang 2,5 kaki. Mereka hamil selama 10 hingga 11 bulan dan biasanya melahirkan antara Februari dan April. Karena proses reproduksi mereka yang lambat dan umur hidup pendek sekitar 20 tahun, vaquita betina diperkirakan hanya memiliki sekitar 5 hingga 7 anak selama hidupnya. Mereka juga mencapai kematangan seksual pada usia 3 hingga 6 tahun.

7. Tinggal di utara teluk California


Vaquita adalah jenis lumba-lumba kecil yang hidup terbatas di perairan antara Baja, California dan Meksiko. Mereka tinggal di perairan dangkal dan keruh dekat pantai. Di sana, mereka bisa mendapatkan banyak makanan dan merasakan arus air yang kuat. Ketika berenang di perairan dangkal, mereka sering menjulurkan sirip punggung yang berbentuk segitiga.

Itulah 7 fakta menarik Vaquita, lumba-lumba terkecil di dunia dengan segala keunikannya. Mereka adalah bagian penting dari ekosistem Teluk California, dan kita harus bekerja sama untuk melindungi mereka dari kepunahan.

MG/Dinda Amelia Putri
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2433 seconds (0.1#10.140)